Analisis Karakteristik Belajar Peserta Didik Melalui Model VAK (Visual, Auditory, Kinestheitic) dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 51 Mulaeno Kabupaten Bombana
Keywords:
karakteristik belajar, VAKAbstract
Analisis Karakteristik Belajar Peserta Didik melalui Model VAK (Visual, Auditory, Kinestheitic) dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 51 Mulaeno Kabupaten Bombana. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik belajar peserta didik dan faktor pendukung dan penghambat karakteristik belajar peserta didik melalui model VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 51 Mulaeno Kab. Bombana. Menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu memilih subjek sesuai tujuan penelitian dan pertimbangan tertentu , peserta didik dalam penelitian ini sebanyak 6 orang dari 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah wawancara terstruktur, angket tertutup dan observasi non partisipan. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa karakteristik belajar peserta didik dapat diketahui dari model pembelajaran VAK yang diterapkan selain itu ditunjukkan juga dengan hasil bahwa selama kegiatan belajar peserta didik sangat antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir, selain itu para peserta didik juga sangat disiplin selama proses pembelajaran berlangsung, dan lain sebagainnya, dari karakteristik belajar masing-masing peserta didik menujunjukkan karakteistik visual sangat mendominasi.
References
Adhiputro, Anak Agung Ngurah. 2013. Bimbingan dan Konseling: Aplikasi di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Graha Ilmu
Alfin, Jauharoti. Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar, Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Aji Reno. Pengertian Analisis, Artikel Februasi 2011. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/22091/4/Chapter . Diakses 21 Februari 2020
Anggito, A. & Setiawan J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Arifin, M. dan Barnawi, 2012. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Ar – Ruzz Media.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015 . Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Arruz Media.
Departemen Agama RI, 2010. Al-Qur’an dan Terjemah, Jakarta: CV. Samara Mandiri.
Hartanti, Kartika 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Vak (Visualisasi, Auditori, Kinestetik) Terhadap Prestasi Belajar PAI pada Siswa di SDN Tlogomulyo Temanggung, Jurnal. Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.
Hadi Sumasno. 2016. Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Cendikia. Banjarmasi.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Scripta Cendekia. Banjarmasin.
Nuhyal Ulia- Yunita Sari. 2018. Pembelajaran Visual, Auditory, dan Kinestetik tehadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida. Diakses 24 Agustus 2020,
Rusmono, 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu, Bogor: Ghalia Indonesia
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Semma, Mansur. 2018. Negara dan Korupsi: Pemikiran Mochtar Lubis atas Negara, Manusa Indonesia, dan Perilaku Politik. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Ober Indonesia.
Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugianto, Eko. 2017. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis: Suaka Media. Yogyakarta: Diandra Kreatif.
Sari, Ariesta Kartika. 2014. Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014, Jurnal. Universitas Turnojoyo Madura.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Setiawan, Aji & Siti Alimah, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik (VAK) Terhadap Keaktifan Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2013, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Yusuf, A., Muri. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Gabungan, Jakarta: Prenada Media.