Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Kelas V MI Al-Hijrah Makassar
Keywords:
strategi pembelajaran, quantum learning, kreativitas, karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran Quantum Learning dalam meningkatkan kreativitas dan karakter siswa pada mata pembelajaran tematik kelas V MI Al-Hijrah Makassar. (2) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas dan karakter siswa melalui penggunaan strategi pembelajaran Quantum Learning pada mata pembelajaran tematik siswa kelas V MI Al-Hijrah Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, yang di laksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI AL-Hijrah Makassar yang jumlah siswanya 6 orang siswa, terdiri dari 4 orang siswa perempuan dan 2 orang laki-laki. Teknik pengumpulsn dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket, lembar kreativitas dan karakter siswa dan dokumentasi. Berdasarkan hasil siklus I dengan presentase 100% siswa, hanya 33,32% (presentase) siswa yang mendapat nilai dengan kategori “tinggi” 49,98% (presentase) siswa dengan kategori “sedang” dan yang memiliki nilai kategori “rendah” 16% (presentase) siswa dan pada siklus II menunjukan bahwa dari presentase 100% siswa yang mendapat nilai dengan kategori “sangat tinggi” 66,66% (presentase) siswa, 16,67% (presentase) mendapat nilai dengan kategori “tinggi” dan 16,67% siswa mendapat nilai kategori “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan kreativitas dan karakter siswa dalam pembelajaran tematik dan memberikan dampak positif terhadap aktivitas belajar siswa dalam upaya peningkatan kreativitas dan karakter.
References
Bariyyah, K., Hastini, R. P., & Sari, E. K. W. (2018). Konseling Realita untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Konselor, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/02018718767-0-00
Chozin, M. N., In’am, A., & Jawhari, A. J. (2022). Peran Asosiasi Kaligrafer Attanwir Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Di Pondok Pesantren Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.56854/sasana.v1i1.63
Dewi, K. (2019). Manajemen Kultur Sekolah untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak di SD Nglindur Girisubo. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 1(1), Article 1. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/5569
Fatmawati, F. (2022). Kreativitas dan Intelegensi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6562
Khairani, A. L., & Ismah, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Diintegrasikan dengan Kartu Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.9-22
Mayar, F., Marni, S., Wahyuni, S., & Chandra, W. E. S. (2019). Model Pengembangan Kreatifitas Melalui Bercerita dengan Gambar Seri di Taman Kanak-Kanak Kota Bukititnggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i6.377
Payon, F. F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397
Ramadan, Z. H. (2018). Pemahaman Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Sebagai Suatu Cara Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), Article 1.