Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas IV SD Inp. Maulafa
Keywords:
media visual, konsep matematika, peningkatan pemahamanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas IV di SD Inpres Maulafa melalui penerapan media pembelajaran visual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 30 siswa sebagai subyek. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar, tes pemahaman konsep, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi awal menunjukkan rata-rata pemahaman konsep matematika siswa sebesar 65,67, meningkat menjadi 74,48 pada siklus I, dan 84,53 pada siklus II. Ketuntasan belajar juga meningkat dari 73,33 pada siklus I menjadi 76,67 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran visual efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV di SD Inpres Maulafa. Penelitian ini berimplikasi terhadap pentingnya penerapan media pembelajaran visual dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di tingkat SD.
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (1st ed.). Bumi Aksara.
Amalia, R., & Sofiyan, S. (2018). Virtual Manipulatives pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Dimensi Matematika, 1(02), Article 02.
Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173–187. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621
Fajri, T. A. A. (2020). Pentingnya Penggunaan Pendekatan Multimodal dalam Pembelajaran. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.5
Ferdiana, R. (2022). Implementasi Blended Learning Dengan Microsoft Teams (1st ed.). Penerbit Andi.
Meganingtyas, D. E. W. (2021). Pemanfaatan Software Cabri, GeoGebra, dan SketchUp sebagai Media Visualisasi Konsep Matematika pada Materi Geometri Ruang. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.20122
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), Article 3.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Geogebra: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa? Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349
Putri, S. Y., Hamdina, W., Yani, M. D., Yanti, M. Y., & Satria, T. F. (2023). Pengaruh Media Komik Digital dan Media Teks Multimodal Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.12053
Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 381–387.
Rozana, S., Wulan, D. S. A., & Hayati, R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik) (1st ed.). Edu Publisher.
Siregar, N. U., Pulungan, F. K., Thahara, M., Dalimunthe, N. F., Fakhri, N., Herawati, N., Rahmawati, A., & Saragih, R. M. B. (2023). Penerapan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1602
Suryadi, A., Damopolii, M., & Rahman, U. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya (1st ed.). CV Jejak (Jejak Publisher).
Sutiah. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Nizamia Learning Center.
Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Prastyo, H., Sari, D. P., Syukriani, A., Febriyanni, R., Rawa, N. R., Saija, L. M., & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika (1st ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Puri Cipta Media.