Peranan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19 pada Kelas V SD Inpres Bakung II Kota Makassar

Authors

  • Musbaing Musbaing Universitas Islam Makassar

Keywords:

peranan orang tua, pembelajaran daring, covid-19

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Orang Tua dalam mendampingi anak belajar Daring selama pandemi covid-19 kelas V di SD Inpres Bakung II Kota Makassar, serta untuk mengetahui kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Inpres Bakung II Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan guru wali kelas V. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua dan guru wali kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan Orang Tua dalam mendampingi anak belajar Daring selama pandemi covid-19 kelas V di SD Inpres Bakung II Kota Makassar yaitu orang tua melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah, menyediakan sarana dan prasarana kepada anak, memberikan semangat, motivasi, mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Inpres Bakung II Kota Makassar yaitu latar belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak, tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak, kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan, jumlah anggota keluarga juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar di rumah.    

 

 

Author Biography

Musbaing Musbaing, Universitas Islam Makassar

     

 

 

References

Amalia, I. R., Khamdun, K., & Fathurohman, I. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Wonorejo Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1211–1220. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.840

Ana, R. F. R. (2021). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di SDN Kamulan 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 177–186. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5773

Baiti, N. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak di Masa Covid -19. PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 3(2), 113–127. https://doi.org/10.37567/prymerly.v3i2.323

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152–159.

Firdaus, N., Chamalah, E., & Azizah, A. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Peningkatan Prestasi Siswa di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 77–83. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.569

Harahap, M. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 140–155. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).625

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 27(2), 23–32.

Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Maemunah, S. E. (2021). Problematika Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Studi Kasus Di Desa Tambakbaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak. E-JURNAL AKSIOMA AL-ASAS, 2(1). https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JAA/article/view/599

Makhmudah, N. U., Listyarini, I., & Wardana, M. Y. S. (2022). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas II SD Islam Cahaya Ilmu Semarang. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2), 1315–1319. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i2.11808

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 41–52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4

Mayyustita, E. N., & Ainin, I. K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Anak Kesulitan Belajar Dimasa Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2), Article 2. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/36652

Nabila, R., Marinda, R., Elfira, S., & Yuwelni, S. (2022). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Terhadap Peningkatan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), Article 1. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPAI/article/view/1530

Nurwidyayanti, N., Hamid, S., & Madjid, S. (2021). Partisipasi Orang Tua Siswa dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di SD Kristen Elim Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 73–77. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1163

Pohan, K. T. A., Fithri, R., & Herwina. (2021). Peran Orang Tua pada Pembelajaran Anak di masa Covid 19. Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education, 12(2), 9–14.

Rahayu, P., Rohana, R., & Febriani, E. (2021). Analisis Peran Orang Tua Sebagai Pengganti Guru Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMP Negeri 1 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 87–95. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.157

Roshonah, A. F., Putri, S. A. D., & Yulianingsih, I. (2020). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), Article 1. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7904

Suryani, L., & Hisbullah, H. (2021). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa To’bea Kabupaten Luwu. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 123–132.

Yarshal, D. (2022). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid 19 di SDIT Darussalam. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 30–33.

Downloads

Date published articles:

2022-04-16

Cite on this Journal:

Musbaing, M. (2022). Peranan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19 pada Kelas V SD Inpres Bakung II Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(4), 255–268. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/159