Pengembangan Materi Ajar Manusia dan Lingkungan Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman di Kelas V MI Al-Falah DDI Angkona
Keywords:
nilai keislaman, manusia dan lingkungan, materi ajarAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan materi ajar tentang manusia dan lingkungan yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam. Tujuannya untuk mengetahui analisis kebutuhan, mengetahui hasil pengembangan, mengetahui hasil kepraktisan bahan ajar tentang manusia dan lingkungan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan (R&D). yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Alat penelitian yang digunakan adalah wawancara guru dan angket siswa. Materi ajar yang dibuat kemudian akan divalidasi oleh 3 validator antara lain, alidator desain, validator bahasa, dan validator materi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan analisis kebutuhan, peneliti menemukan bahwa siswakelas V MI Al-Falah DDI Angkona membutuhkan bahan ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa materi ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam. Setelah dilakukan perancangan materi ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam, dilakukan validasi produk, hasil yang diperoleh ahli materi sebesar 75%, ahli bahasa sebesar 90,62% dan ahli desain sebesar 87,5%. Setelah dilakukan perhitungan nilai keseluruhan maka data yang diperoleh tergolong valid sebesar 71,15%. Setelah divalidasi, peneliti menyajikan angket praktis kepada siswa dan menemukan bahwa data yang didapatkan 92% dan dikatakan sangat valid. Hasil tersebut menunjukkan bahwa materi ajar yang berkaitan dengan nilai-nilai Islam sangat praktis digunakan oleh siswa kelas V MIS AL Falah DDI Angkona. Jadi, disimpulkan bahwa keberadaan materi ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai Islam.
References
Akhir, Muhammad, Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Karakter, 2017.
Annafi, Nurfidianty, and Sry Agustina, ‘Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Berbasi Kearifan Lokal untuk Mempersiapkan Calon Pendidik yang Berbudaya’, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9.1(2018),1–10
Daryanto, Belajar dan Mengajar, Bandung: Yrama Widya, (2010)
Depdiknas 2003, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hidayah, Nurul, ‘Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar’, TERAMPIL Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2 (2015), 33–49
Hanafi, Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan (2017).
Nurrita, T. (2018). 'Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa', MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah,3(1), 171.
Prastowo, Andi, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press (2015).
Putra, N. Reseacrh and Development, Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar, PT. Raja Grafindo. Jakarta (2011)
Ramdhani, Deddy, ‘Penanaman Nilai-Nilai Keislaman dalam Pendidikan Agama Islam di KMI Pondok Pasantren Darusy Shadah Simo Boyolali’, Revista Brasileira de Geografia Física, 11.9 (2016), 141–56<http://biblioteca.ibge.gov.br/visualizacao/monografias/GEBI SRJ/RBG/RBG1995v57_n1.pdf%0Ahttps://periodicos.ufpe.br/revistas/rbgfe/article/view/234295
Sri Haryati, ‘(R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan’, Academia, 37.1 (2012)
S. Susilowati, 'Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA', Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 2017,78-88