Evaluasi Kompetensi TIK Guru dalam Pembelajaran: Studi Lapangan di SDN 071 Paraanta Kabupaten Luwu Utara
Keywords:
Kompetensi guru, TIK, Studi lapanganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guru dalam pembelajaran di SDN 071 Paraanta, serta menentukan faktor-faktor penghambat dan pendukung kompetensi TIK guru dalam pembelajaran di SDN 071 Paraanta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yang menggambarkan kompetensi TIK guru dalam pembelajaran serta faktor-faktor penghambat dan pendukung kompetensi TIK guru. Subjek dari penelitian ini adalah guru di SDN 071 Paraanta, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi TIK guru di SDN 071 Paraanta belum bisa dikatakan baik karena adanya keterbatasan fasilitas dan infrastruktur, ketersediaan jaringan yang sulit, aliran listrik di desa, dan masih adanya guru yang belum bisa mengoperasikan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Faktor-faktor yang menghambat kompetensi TIK guru dalam pembelajaran meliputi tingkat ketersediaan akses internet di sekolah dan kesulitan pasokan listrik. Selain itu, faktor pendukung kompetensi TIK guru dalam pembelajaran meliputi pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat diakses bahkan tanpa menggunakan jaringan.
References
A, A. Z. D., & Aprilia, M. P. (2023). Adopsi Inovasi Teknologi Komunikasi KPU DIY dalam Menyampaikan Pesan kepada Masyarakat. Prosiding Konferensi Nasional Sosial Dan Politik (KONASPOL), 1, 259–276. https://doi.org/10.32897/konaspol.2023.1.0.2375
Abdullah, S. M. (2019). Similiarity Artikel:Social Cognitive Theory: A Bandura Thought Review published in 1982-2012. Journal PSIKODIMENSIA, 18(1), Article 1.
Azhar, M., Wahyudi, H., Promadi, P., & Masrun, M. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3160–3168. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20984
Basri, W., & Rahmi, T. S. (2023). Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPS Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Moral and Civic Education, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/8851412712023733
Hardianto, D. (2022). Analisis program dan model kemitraan blended partisipatif sekolah dan orang tua. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i2.54117
Hidayat, A. R. (2023). Analisis Adopsi Penggunaan Sistem Pembayaran Fintech pada Generasi Milenial Menggunakan Teori Difusi Inovasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.32502/jimn.v13i1.6974
Kurniawan, K., Kusumawati, K., Hurriyati, S. D., Amirrasyid, A. F., & Mugni, M. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Revolusi Digital 4.0. Journal on Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.876
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Ma’ruf, M. D., & Yasin. (2024). Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), Article 1.
Maula, I., Irwandi, I., Sari, A. L., Sarimin, D. S., & Rondonuwu, R. H. S. (2023). Pendidikan untuk Pemerataan Pembangunan: Memperjuangkan Hak Semua Anak. Journal on Education, 5(4), Article 4.
Slamet, E., Harapan, E., & Wardiah, D. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Motivasi Kepala Sekolah terhadap Keberhasilan Belajar di Rumah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 774–778. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1023
Sumantri, A., Tamyis, & Ekowati, E. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam. UNISAN JURNAL, 3(1), Article 1.
Triarsuci, D., Al-Qodri, H. T., Rayhan, S. A., & Marini, A. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pengelolaan Infrastruktur Sekolah Dasar: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 15–15. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.551
Tullah, R., & Amiruddin. (2020). Penerapan Teori Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.54621/jiat.v6i1.266
Turnip, R. S. (2023). Peningkatan Literasi Digital di Kalangan Pelajar: Pengenalan dan Praktik Penggunaan Teknologi Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2302–2310. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21733