Model-Model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Naidin Syamsuddin Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

media, teknologi, pembelajaran

Abstract

Fenomena aktual yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini yakni adanya perbedaan persepsi mengenai istilah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan konsep yang amat penting dalam dunia pendidikan. Meskipun media pembelajaran memiliki peranan penting, namun saat ini adanya perbedaan persepsi terkait media pembelajaran menjadi salah satu permasalahan krusial di dunia pendidikan Indonesia. Perbedaan persepsi tersebut mengakibatkan munculnya pemahaman keliru terkait media pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka menghindari miskonsepsi media pembelajaran yakni melakukan pendalaman mengenai konsep media pembelajaran di kalangan ilmuwan pendidikan. Dari informasi yang disajikan pada bagian pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa model merupakan serangakian aktivitas atau kegiatan yang di dalamnya terdapat prosedur kerja, aturan dan pola pikir yang sistematis guna menghasilkan atau mencapai tujuan maksimal. Sedangkan pengembangan diartikan sebagai konsep dalam proses menciptakan dan mengelola segala media dan teknologi dalam rangka memaksimalkan proses pembelajaran. Model-model pengembangan media dan teknologi pembelajaran yang dapat digunakan yaitu Model ASSURE, Model PIE, Model Roblyer, dan Model Hannafiin dan Peck.

References

Asmawati, W., Ali, B., & Hasriadi, H. (2017). Perancangan Aplikasi Pengelolaan Data Perpustakaan Berbasis Visual Basic Pada SMP Negeri Satap Sampeang. PROSIDING SEMANTIK, 1(2), 117.

Asyhar, R. (2021). Kreatif mengembangkan media pembelajaran.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34.

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis blended learning pada mata pelajaran etimologi multimedia. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165.

de Jong, T., & van Joolingen, W. R. (2008). Model-facilitated learning. Handbook of research on educational communications and technology, 457–468.

Gustafson, K. L. (1991). Survey of instructional development models. ERIC Clearinghouse on Information & Technology.

Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70.

Khasanah, D. I. N. (2012). Penerapan Desain Sistem Pembelajaran ASSURE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Memukul Bola dalam Permainan Kasti pada Siswa Kelas IV SD Negeri Purworejo Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.

Patmanthara, S. (2012). Model Pembelajaran Menggunakan Implementasi Teknologi Informasi Di Perguruan Tinggi. TEKNO, 5(1).

Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan metode Hannafin dan Peck. Positif, 1(1), 159673.

Sari, W. M., & Susiloningsih, E. (2015). Penerapan model assure dengan metode problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1).

Schwarz, C. V., & White, B. Y. (2005). Metamodeling knowledge: Developing students’ understanding of scientific modeling. Cognition and instruction, 23(2), 165–205.

Sharon, E. S. (t.t.). dkk. Instructional Technology & Media For Learning. Kencana, Jakarta.

Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316–335.

Suyitno, I. (2014). Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan hasil analisis kebutuhan belajar. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1).

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana.

Downloads

Date published articles:

2021-11-01

Cite on this Journal:

Syamsuddin, N. (2021). Model-Model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(3), 247–254. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/158