Implementasi Sistem Evaluasi Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Walenrang Utara Kabupaten Luwu
Keywords:
Evaluasi Kinerja Guru, Mutu Pendidikan, Supervisi Akademik, Pengembangan ProfesionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sistem evaluasi kinerja
guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah
Batusitanduk Walenrang Utara Kabupaten Luwu. Penelitian menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perencanaan evaluasi dilakukan secara sistematis dan partisipatif dengan
melibatkan berbagai pihak, implementasi dilaksanakan melalui supervisi klinis
yang menekankan pada objektivitas dan kolaborasi, sedangkan tindak lanjut hasil
evaluasi diwujudkan dalam bentuk pelatihan, pembimbingan, serta program
pengembangan profesional berkelanjutan. Evaluasi kinerja guru berdampak
signifikan terhadap peningkatan profesionalisme, disiplin, dan kualitas
pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.
Dengan demikian, sistem evaluasi kinerja guru tidak hanya berfungsi sebagai alat
penilaian, tetapi juga sebagai instrumen strategis dalam pembinaan profesional
guru dan penguatan mutu pendidikan secara berkesinambungan.
References
Aeni, N., Sabani, F., & Subhan, S. (2025). Strengthening Spiritual Character through Tauhid-Based Learning in Integrated Islamic Kindergarten. Journal of Islamic Education Students (JIES), 5(2), 277–288.
Afriansa, M., & Ilham, D. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 14(1), 1–12.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Gunawan, F. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu. Nama Jurnal Placeholder, X(X), XX–XX. https://doi.org/10.xxxx/xxxx
Ilham, D., Pirol, A., Efendi, E., & Kasman, M. F. (2024). PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA Konstruksi Kritis Masyarakat Multikultural dalam Era Globalisasi. Cipta Media Nusantara. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=Ek4KEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:sQs_Oz9l_XcJ:scholar.google.com&ots=KYpflRnzRZ&sig=YITE98Jh4v-dK3IYeRW0aVJ3We8
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kementerian Agama RI. (2021). Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 1843 Tahun 2021 tentang Pedoman Evaluasi Kinerja Guru.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2007). Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Rahman, Z. (2018). Evaluasi Kinerja Guru dalam Perspektif Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 15(2), 101–115.
Rahmawati, I. (2020). Kontribusi Manajemen Sarana dan Prasarana terhadap Mutu Layanan Pembelajaran. Nama Jurnal Placeholder, X(X), XX–XX. https://doi.org/10.xxxx/xxxx
Salmawati, S., Riawarda, A., & Ilham, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar PAI Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas VII SMPN 7 Satap Malangke. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 361–372.
Satori, D., & Komariah, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sudjana, N. (2016). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Refika Aditama.
Uno, H. B. (2012). Profesi Kependidikan. Bumi Aksara.