Pengembangan Modul Pembelajaran pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Terintegrasi Ayat-Ayat Al Qur’an Kelas IV MI 26 Batusitanduk
Keywords:
ayat al qur’an, makhluk hidup, modulAbstract
Penelitian ini memiiki tujuan untuk mengembangkan produk berupa modul pembelajaran terintegrasi ayat-ayat al-Qur'an untuk siswa. Jenis penelitian yang digunakan yakni pengembangan Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap, analyse, design, development,implementation, dan evaluation. Menggunakan dua jenis instrumen penelitian, yaitu wawancara dengan guru dan angket untuk siswa. Melakukan validasi terhadap sumber belajar yang telah Anda buat. Validasi melibatkan tiga validator dengan peran yang berbeda, yaitu validator desain, validator bahasa, dan validator materi. Menggabungkan pendekatan kualitatif misalnya dari hasil wawancara dan kuantitatif misalnya dari hasil angket dalam analisis. mengidentifikasi bahwa siswa kelas IV di MI 26 Batustanduk membutuhkan modul pembelajaran terintegrasi ayat-ayat al-Qur'an. Ini merupakan temuan awal yang akan menjadi dasar bagi pengembangan produk modul pembelajaran. Hasil validasi produk modul pembelajaran terintegrasi ayat-ayat al Qur'an yang Anda sebutkan menunjukkan bahwa modul tersebut telah mendapatkan nilai yang tinggi dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Nilai keseluruhan sebesar 86,53% dikategorikan sangat valid, menunjukkan bahwa modul ini memiliki kualitas yang sangat baik dari segi konten, bahasa, dan desain. Selanjutnya, hasil angket kepraktisan yang diberikan kepada siswa juga menunjukkan bahwa modul ini sangat praktis untuk digunakan oleh siswa kelas IV di MI 26 Batustanduk, dengan nilai sebesar 89,14% dikategorikan sangat praktis. Ini menunjukkan bahwa siswa merasa nyaman dan mudah menggunakan modul ini sebagai alat pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran terintegrasi ayat-ayat al Qur'an telah berhasil dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pembelajaran yang dikaitkan dengan ayat-ayat al Qur'an.
References
Arifin, Zaenal. 2017. “Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian.” Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics) 2 (1): 28–36.
Barlenti, Ilmas, M Hasan, and Mahidin. 2017. “Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 05 (01): 81–86. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.
Fahrizqi, Eko Bagus, Imam Mahfud, Rizki Yuliandra, and Aditya Gumantan. 2020. “Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Olahraga Selama New Normal Pandemi Covid-19.” Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education 8 (2): 53–62.
Hasanah, Zuriatun. 2021. “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa.” IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan 1 (1): 1–13.
Isnaini, Muhammad, and Muhammad Win Afgani. 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Limas Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).” Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 3: 179–85.
Mario, Fransiskus. 2022. “Peningkatan Kemampuan Koordinasi Gerak Melalui Permainan Engklek Pada Anak Usia 6-10 Tahun Di Dusun Mesuji.” Jurnal Edukasimu 2.
Qomario, and Putry Agung. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Berbasis ICT Sebagai Media Pembelajaran.” TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 5 (2): 239–46.
Sugiyono. 2018. Metode Penulisan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Berwina Ngalemisa Br, Anak Agung Gede Agung, and Desak Putu Parmiti. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA” 3: 179–85.