Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa To’bea Kabupaten Luwu

Authors

  • Lilis Suryani Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Hisbullah Hisbullah Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

motivasi belajar, pembelajaran daring, pandemi covid-19

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak  pada pembelajaran daring di masa pandemi, dan untuk mengetahui berbagai macam factor pendukung dan faktor penghambat  yang dihadapi oleh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada pembelajaran daring di masa pandemi. Metode penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian peran orang tua dalam memotivasi belajar anak pada pembelajaran daring menunjukkan bahwa orang tua memiliki semangat yang tinggi dalam mengajarkan anaknya di rumah, terutama ibu yang lebih banyak menampingi anak setiap waktu di rumah. Ada orang tua yang kurang memperhatikan belajar anaknya dikarenakan memiliki pekerjaan yang sangat sibuk sehingga anak belajar sendiri, namun ada pula orang tua yang sangat memperhatikan tugas sekolah anaknya serta menuntun dan mengarakan mereka. Faktor pendukung dan pengambat dalam penelitian ini adalah adanya faktor penghambat terjadinya proses pembelajaran daring yang dilakukkan peserta didik/anak antara lain; kurangnya waktu yang diberikan orang tua, kurangnya pengetahuan orang tua tentang pembelajaran anak, kuarangnya sarana dan prasarana yang diberikan orang tua. Disisi lain terdapat juga faktor yang mendukung terjadinya pembelaran daring ini namun hanya berlaku pada orang yang mampu saja yakni dana.    

 

 

Author Biographies

Lilis Suryani, Institut Agama Islam Negeri Palopo

     

 

 

Hisbullah Hisbullah, Institut Agama Islam Negeri Palopo

     

 

 

References

Apriliyanti, K., Latif, M. D. I., & Mutiarin, D. (2021). Narasi Budaya Arek Suroboyo dan Pandemi Covid-19: Sebuah Perspektif Agile Governance di Kota Surabaya. Jurnal Transformative, 7(1), 1–28. https://doi.org/10.21776/ub.transformative.2021.007.01.1

Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar (Doctoral dissertation, PPS).

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152–159.

Dani, D. E. R. (2021). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Belajar Di Rumah Di Tengah Pandemi COVID19 (Studi Pada Siswa kelas V SD Negeri 65 Seluma [Diploma, IAIN BENGKULU]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5472/

Ekayanti, N. W., & Puspawati, D. A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020, 90–96.

Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551-558. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/621

Baderiah, B., & Ilham, E. D. (2015). Reorientasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Akhlak Era Millenium Ketiga. Laskar Perubahan.

ER, T., Listiawati, M. K., Nurjaya, R. S., Setiawati, N. P. A., Ilham, D., Wulansari, R., Sunarsi, D., & Purwanto10, A. (2021). THE EFFECT OF ONLINE MARKETING AND E-SERVICE QUALITY ON PURCHASE DECISIONS: AN EMPRIRICAL STUDY ON ONLINE SHOP. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32, 3.

Ilham, D., Erlangga, H., Rojak, A., Nurjaya, Sunarsi, D., & Dewi, R. R. V. K. (2021). Innovative Work Behavior Model for Teachers with A Generation Diversity Approach. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 2345–2353.

Jaya, T., Suryani, L., & Ilham, D. (2020). Pengaruh Mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) Terhadap Implementasi Ritual Ibadah di Masjid Pada Masyarakat Islam di Luwu Raya. Madaniya, 1(4), 177–181.

Kaharuddin, Ilham, D., Kaso, N., Malewa, F., Iksan, M., & Hisbullah. (2021). Character Building on Higher Education: How to Anticipate Radical Ideology at Islamic University in South Sulawesi. Psychology and Education Journal, 58(2), 10651–10661.

Kaso, N., Subhan, S., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Penguatan Mitigasi Radikalisme Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Taman Kanak-Kanak di Kota Palopo. Madaniya, 2(2), 152–167.

Rifuddin, B., Ilham, D., & K, N. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program: The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.34

Firman, F., Mirnawati, M., Sukirman, S., & Aswar, N. . (2020). The Relationship Between Student Learning Types and Indonesian Language Learning Achievement in FTIK IAIN Palopo Students. Jurnal Konsepsi, 9(1), 1–12. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/24

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., Sahabuddin, A. A., Hastuti, P., Setianto, A. Y., Metanfanuan, T., Uktolseja, L. J., Jamaludin, J., Gaspersz, S., Karwanto, K., Bungin, E. R., & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hajar, A. (2020). Ajaran Al-Mahabbah Sebagai Upaya Mengatasi Keresahan Manusia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 12(1), 18–29. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v2i1.366

Hariyati, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Belajar Anak dari Rumah pada Kelas I SD Muhammadiyah I Muntilan Selama Pandemi Covid-19 [Other, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang]. http://eprintslib.ummgl.ac.id/2216/

Jaya, T., Suryani, L., & Ilham, D. (2020). Pengaruh Mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) Terhadap Implementasi Ritual Ibadah di Masjid Pada Masyarakat Islam di Luwu Raya | Madaniya. Madaniya, 1(4). https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/35

Kaso, N., Nurjihad, A., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Facebook and its Impact on Students’ Learning Achievement at State Islamic High School of Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 1-15. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/456

Kaso, N., Mariani, M., Ilham, D., Firman, F., Aswar, N., & Iksan, M. (2021). The Principal's Leadership: How to Improve the Quality of Teaching and Learning Process in State Junior High School of Luwu. Jurnal Ad'ministrare, 8(1), 49-58.

Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129

Khalimah, S. N. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021 [PeerReviewed]. IAIN SALATIGA. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9839/

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Limbong, M., Ali, S., Rabbani, R., & Syafitri, E. (2020). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Mengendalikan Emosional Siswa Selama Pembelajaran Daring di MTs Islamiyah Medan. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 44–55. https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.226

Maulida, N. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kreativitas Anak dalam Membuat Mainan Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di TK Islam Tarbiyatul Banin 22 Tingkir-Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021) [PeerReviewed]. IAIN SALATIGA. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/10654/

Pratama, N. A., & Hidayat, D. (2020). Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat Memaknai Social Distancing. Journal Digital Media & Relationship, 2(1), Article 1. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/270

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772–782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wardhani, I. S. (2020). Peranan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar (Penelitian Kualitatif di Sekolah Dasar Negeri Cikapundung 02 dan Sekolah Dasar Negeri Palalangon) [Other, FKIP UNPAS]. https://doi.org/10/BAB%20V%20KESIMPULAN.pdf

Watnaya, A. K., Muiz, M. hifzul, Sumarni, N., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987

Yoga, D. S., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 8(1), 46. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241

Zaman, B. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter yang Sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Al Ghazali, 2(1), 16–31.

Downloads

Date published articles:

2021-04-05

Cite on this Journal:

Suryani, L., & Hisbullah, H. (2021). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa To’bea Kabupaten Luwu. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 123–132. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/49

Most read articles by the same author(s)