Pengembangan Modul Pembelajaran Subtema Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah Berbasis Nilai-nilai Keislaman
Keywords:
Pengembangan Modul Pembelajaran, Berbasis Nilai-Nilai KeislamanAbstract
Artikel ini membahas tentang Pengembangan Modul Pembelajaran Subtema Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Pada Siswa Kelas V MIS 21 Al Manar Lamone. Pelaksanaan riset ini bertujuan guna menganalisis analisis kebutuhan pengembangan modul pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah berbasis nilai-nilai keislaman; Untuk mengetahui rancangan pengembangan modul pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah berbasis nilai-nilai keislaman; dan untuk mengetahui kepraktisan modul pembelajaran gangguan kesehatan pada organ peredaran darah berbasis nilai-nilai keislaman. Penelitian Research and Development (R&D) merupakan jenis riset ini dipadukan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) tahap analysis, (2) tahap design, (3) tahap development dan (4) tahap disseminate. Riset berlokasi di kelas V MIS 21 Al-Manar Lamone, dimana yang menjadi subjek penelitian adalah 25 peserta didik kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket validasi. Selanjutnya, ata di analisis dengan rumus persentase untuk data kuantitatif serta metode analisis statistik deksriptif untuk data kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan jika modul pembelajaran berbasis nilai-nilai keislaman berpredikat sangat valid dari penilaian 3 validator melalui revisi, komentar dan saran. Hasil perhitungan nilai kelayakan dari materi modul pembelajaran oleh ahli materi diperoleh nilai 78% kategori valid. Selanjutnya, rekapitulasi validitas bahasa modul pembelajaran oleh ahli bahasa diperoleh nilai 78% kategori valid. Kemudian rekapitulasi validitas agama modul pembelajaran oleh ahli agama diperoleh nilai 96% kategori sangat valid. Pelaksanaan uji kepraktisan modul pembelajaran mendapatkan nilai 82,5% kategori sangat praktis.
References
Asyhari, A and Silvia, H. 2016. "Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu". Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Diponegoro, Ahmad Muhammad. 2015. “Validitas Konstruk Skala Afektif.” Jurnal Psikologi Indonesia 2 (1): 64.
Haeril dkk. 2021. "Pengembangan Bahan Ajar Cetak Pendidikan Agama Islam berbasis Mind Mapping". Ar-Raniry 8 (2): 155-166
Handikha, I Made Dwika, Anak Agung Gede Agung, and I Gde Wawan Sudatha. 2013. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Luther Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 Di SMP Negeri 1 Marga Kabupaten Tabanan Jurusan Teknologi Pendidikan , FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.” Jurnal Edutech Undiksha 1 (2): 10.
Kementrian Agama Republik Indonesia. 2014. "Al-Quran dan Terjemahannya". Bandung: Syina
Latifa and Ratnasari. 2016. “Pengembangan Modul Ipa Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Tata Surya”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 7 (1): 25-24
Marlinawati, Sekar Arum. 2013. "Meningkatkan Minat Membaca Permulaan melalui Media Buku Cerita Bergambar pada Anak Kelompok B TK Pamardisiwi Madureso, Temanggung". Universitas Negeri Yogyakarta
Munir, Nilam Permatasari. 2018. “Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme Dengan Media E - Learning Pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo” 6 (2): 167–78.
Nesri, Fabiana Dini Prawingga and Kristanto, Yosep Dwi. 2020. "Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa". AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9 (3) :480-492
Rizky, Rafieqah Nalar and Moulita. 2017. "Penanaman Nilai-nilai Islam melalui Komunikasi Interpersonal Orang Tua pada Anak". Jurnal Interaksi 1 (2): 206-2019
Praptaningsih, Anggun. 2018. “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas VII Paket B PKBM”. Universitas Pendidikan Indonesia
Setyosari, Punaji. 2014. "Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan". Jakarta: Prenadamedia Group
Sholihah, Nafi’Atus and Kartika, Ika. 2018. "Pengembangan modul Ipa Terintegrasi Dengan Ayat Al-Qur’an Dan Hadits". Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 21 (1): 12-22
Susanti, Putu Ari and Kusmariyani, Ni Nyoman. 2017. "Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA". Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1 (2): 101
Tanjung, Henra Saputra and Nababan, Siti Aminah. 2018. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berorientasi Model Pembelajaran berbasis Masalah (PBM) SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar: 557-569
Widodo, Prasetyo Budi. 2006. “Rehabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia.” Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro 3 (1): 1–9.