Transformasi Kemampuan Membaca Peserta Didik Melalui Kemah Literasi di Kelas IV SDN 245 Tole-Tole Luwu Timur

Authors

  • Chika Utia Sari Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nursyamsi Nursyamsi Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Sukmawaty Sukmawaty Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

kemah literasi, kemampuan membaca, PTK

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menginvestigasi penerapan kemah literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di Kelas IV SDN 245 Tole-Tole Luwu Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode penelitian ini melibatkan penggunaan beberapa instrumen penelitian, termasuk wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aktivitas siswa dengan menerapkan kemah literasi, kemampuan membaca peserta didik pada siklus I mencapai kategori Baik, yaitu sebanyak 61,6%. Pada tindakan siklus II, terjadi peningkatan signifikan sebesar 96%, mencapai kategori Sangat Baik. Evaluasi aktivitas guru menunjukkan peningkatan dari 50% dengan kategori Cukup pada siklus I menjadi 70% dengan kategori Sangat Baik pada siklus II. Oleh karena itu, baik aktivitas guru maupun siswa pada kedua siklus berhasil mencapai kategori keberhasilan. Skor tes membaca peserta didik pada siklus I hanya mencapai 816 (51%), tetapi mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 1.186,1 (74,13%), sehingga mencapai kategori keberhasilan dan menunjukkan peningkatan kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini berimplikasi terhadap penerapan kemah literasi sebagai sebuah strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, dengan potensi untuk diterapkan lebih luas dalam konteks pendidikan.

References

Abdullah, S. M. (2019). Similiarity Artikel:Social Cognitive Theory: A Bandura Thought Review published in 1982-2012. Journal PSIKODIMENSIA, 18(1), Article 1.

Aini, I. N. (2022). Peran Guru Dalam Rangka Menumbuhkan Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1 SDN Grobogan 02 Jiwan Madiun [Diploma, IAIN Ponorogo]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/19223/

Asmendri, A., & Sari, M. (2018). Analisis Teori-Teori Belajar pada Pengembangan Model Blended Learning dengan facebook (MBL-FB). Natural Science, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/nsc.v4i2.449

Habsy, B. A., Christian, J. S., M, S. U. S. P., & Unaisah, U. (2024). Memahami Teori Pembelajaran Kognitif dan Konstruktivisme serta Penerapannya. TSAQOFAH, 4(1), 308–325. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2177

Hadian, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hoerudin, C. W. (2023). Penerapan Media Flash Card pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Primary Edu, 1(2), 235–245.

Ihwa, A., Salmilah, & Hisbullah. (2023). Penggunaan Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 11(4), 517–528.

Lipton, L., & Hubble, D. (2023). Sekolah Literasi: Perencanaan dan Pembinaan (3rd ed.). Nuansa Cendekia.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361

Mudiono, A. (2024). Pembelajaran Literasi Menulis Cerita di SD (1st ed.). Surya Pena Gemilang.

Nasution, F., Siregar, Z., Siregar, R. A., & Manullang, A. Z. (2024). Pembelajaran dan Konstruktivis Sosial. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), Article 12. https://doi.org/10.5281/zenodo.10465606

Pramana, P. M. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.875

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Sappaile, B. I., Putro, A. N. S., Ahmad, S. N., Artayani, M., Zahir, L. A., & Andilah, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Penanaman Konsep Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3155

Sholikhah, U. A., Markhamah, M., Rahmawati, L. E., & Fauziati, E. (2023). Habituasi Literasi Baca Tulis Siswa di Sekolah Dasar (Literational Habituation of Students to Read Write in Elementary School). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i2.11052

Sibarani, I. S., & Sirait, G. (2023). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kelas II SD di Sekolah Kristen Kalam Kudus Pematangsiantar. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(3), Article 3.

Sueca, I. N. (2021). Literasi Dasar: Bahan Literasi Berbasis Permainan Bahasa (1st ed.). Nilacakra.

Tullah, R., & Amiruddin. (2020). Penerapan Teori Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.54621/jiat.v6i1.266

Umbara, U. (2017). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), Article 1.

Yanto, Y., Chusni, M. M., & Yuningsih, E. K. (2023). Review Literatur Tentang Persepsi Teori Konstruktivisme Dalam Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 10(2), 83–89.

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.235

Downloads

Date published articles:

2024-02-01

Cite on this Journal:

Sari, C. U., Nursyamsi, N., & Sukmawaty, S. (2024). Transformasi Kemampuan Membaca Peserta Didik Melalui Kemah Literasi di Kelas IV SDN 245 Tole-Tole Luwu Timur. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 255–274. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/302

Most read articles by the same author(s)