Pengembangan Bahan Ajar Latihan Pramuka pada Tingkat Penggalang di Sekolah Dasar

Authors

  • Fira Frinska DS Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nursyamsi Nursyamsi Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nilam Permatasari Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Bahan ajar, pramuka, model ADDIE

Abstract

Bahan ajar latihan pramuka merupakan bahan ajar yang berisi tentang dasar-dasar kepramukaan di sekolah dasar. Hal ini akan memudahakan pendidik, sebab akan lebih terarah jika memiliki bahan ajar sabagai membantu proses berjalannya suatu pembelajaran serta memberikan pemahaman setiap kompetensi yang harus dikuasai peserta didik secara mudah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktisnya sebuah bahan ajar dalam dalam proses pelaksanaan latihan pramuka di tingkat penggalang. Penelitian ini merupakan R&D (Research and Development), dalam penelitian peneliti menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analisis , Desain, perencanaan, implementasi, Evaluasi. Sampel dari penelitian yaitu berjumlah 34 peserta didik tingkat penggalang di SDN 25 Sabbamparu.  Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis data kualitatif menunjukkan bahwa kepraktisan dalam menerapkan bahan ajar yaitu 95 %, sedangkan untuk analisis data kuantitatif hasil pengujian dari parah ahli menunjukkan bahwa ahli materi dan desain memperoleh penilaian 91,6 % untuk ahli kurikulum menunjukkan 93,75 %. Maka dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Latihan Pramuka Pada Tingkat Penggalang SDN 25 Sabbamparu praktis digunakan pada saat latihan pramuka.

References

Aisyah, Siti, Evih Noviyanti, and Triyanto Triyanto, ‘Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia’, Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2.1 (2020).

Ananda Arifa Pangesti, Nurul Mubin, Ngarifin Shiddiq., ‘Implementasi NilaiNilai Pendidikan Karakter Pada Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menjaga Akhlak Anak Di Smp N 2 Rawalo Kabupaten Banyumas’.

Al Azizi, Nur Qoyimatul Uyun, ‘Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Pendidikan Karakter Kedisiplinan’, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12.2 (2018),

Dra.hj. Nursyamsi, M.Pd.I, Mirnawati, S.Pd., M.Pd , Inal, S.Pd., M.Pd, Pendidikan Dan Pengetahuan Kokurikuler (Palopo: Aksara Timur, 2019).

Ega Ayu Lestari, ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Eksperimen Ipa Kelas V Sd/Mi’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2019).

Harsiwulan, Sihyu Darini, ‘Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengembangkan Silabus Melalui Supervisi Akademik Kolaboratif Di MI Se-Kecamatan Semanu Sihyu’, Jurnal Pendidikan Madrasah, 2.1 (2017).

Hidayati, Resa Pusfita, and Edi Hendri Mulyana, ‘Kebutuhan Dasar Pengembangan Rancangan Rencana Pelaksanaan Latihan Pramuka Prasiaga Untuk Memfasilitasi Sikap Ilmiah Anak’, 4.2 (2020).

Husaini, M. Mahfuddin, ‘Jambore Nasional Gerakan Pramuka Tahun 1973-1996’, Lincolin Arsyad, 3.2 (2014), 1–46 Jurnal, J P E, Pendidikan Edutama, and Vol No, ‘Analisis Terhadap Makna Simbolik Indentitas Nasional Berbasis Cyber’, 1.1 (2020).

Krissandi, Apri Damai Sagita, and Rusmawan Rusmawan, ‘Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3.3 (2015).

Kristiono, Natal, and Universitas Negeri Semarang, Buku Pintar Pramuka Untuk Madrasah Ibtidaiyah (Semarang, 2018).

Kurnia, Tia Dwi, Cica Lati, Habibah Fauziah, and Agus Trihanton, ‘Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D’, Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1.1 (2019).

Kurniati, Euis, Mirawati Mirawati, Rudiyanto Rudiyanto, Andhin Dyas Fitriani, Ira Rengganis, and Risty Justicia, ‘Implementasi Program Anak Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Memilah Sampah’, Early Childhood: Jurnal Penididikan, 3.1 (2020).

Latifah, Sri, ‘Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat AlQur’an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4.2 (2015).

Mursid, Mohamad, and Maslichah Maslichah, ‘Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswi Kelas X Tentang Pertologan Pertama Pada Kecelakaan’, Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, 4.1 (2017).

Nailiyah, Risa Durrotun, Umi Dayati, and Ellyn Sugeng Desyanty, ‘Implementasi Metode Kepramukaan (Studi Kasus Pembinaan Pramuka Penggalang Berprestasi Di Kwarcab Kabupaten Malang )’, 3.4 (2018).

Puspasari, Ratih, and Tutut Suryaningsih, ‘Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf Dengan Model Addie Aplikasinya’, Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3.1 (2019).

Downloads

Date published articles:

2022-05-01

Cite on this Journal:

DS, F. F., Nursyamsi, N., & Permatasari, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Latihan Pramuka pada Tingkat Penggalang di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 11(1), 17–24. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/227