The Relationship Between Student Learning Types and Indonesian Language Learning Achievement in FTIK IAIN Palopo Students
Keywords:
learning achievement, type of study, interest in learningAbstract
This study aims to determine the type of learning, achievement and the relationship between the type of learning and student achievement in FTIK IAIN PAlopo students. The population in this study were all students and lecturers of FTIK IAIN Palopo. For this reason, the "Area probolity sampling" technique used in this study by setting classes A and B as a sample of 50 students. The results showed that the types of learning owned by the students of FTIK IAIN Palooo were visual, auditive, and combinative types. The types of learning that most FTIK IAIN Palopo students have is the combinative type (mixed). The learning achievement of FTIK IAIN Palopo students is at an adequate level, which is an average of 7 (seven). The relationship between student learning types and student achievement is a positive correlation. It is said so because the types of student learning and student achievement are not in opposite directions. The obstacles experienced in the teaching and learning process of FTIK IAIN Palopo students to achieve good performance are that lecturers and students are not yet disciplined in carrying out their duties, lecturers have not understood the types of student learning in depth, student interest in learning is still low and the lack of student modules .
References
Abdurrahman, 1993. Pengelolaan Pengajaran, Cet. II; Ujung Pandang: Bintang Selatan.
Arifin, Zainal, dkk. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja.
Arifuddin, A. (2018). Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Arikunto, Suharsimi. t. th. Prosedur Penelitian Suatu Analisis Praktik. Cet. VII: Jakarta: Rineka Cipta.
Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar (Doctoral dissertation, PPS).
Departemen Agama RI., 1979. Al Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al Quran.
Firman, F. (2014). Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Iqra, 2(1), 42.
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165-177.
Nurhamsih, N., Firman, F., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2019). Peningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 37-50.
Ilham, D. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Mata Pelajaran Umum dalam Upaya Peningkatan Akhlak Peserta Didik di MAN Malili Kabupaten Luwu Timur (Doctoral dissertation, STAIN/IAIN Palopo).
Poerwadarminta, W.J.S. 1992. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pattoala, M. Nurdin, 1993. Diklat Statistik. Ujung Pandang: Fakultas Tarbiyah.
Rasyad, Aminuddin. 1993. Materi Pokok Media Pengajaran, Cet. II: Jakarta: Universitas Terbuka. 1993.
Rusyan, Tabrani. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja. 1989.
Salahuddin. 1994. Mengajar dan Belajar. Ujung Pandang: FIP IKIP.
Slameto, dkk., 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta VII.
Soemanto, Suswati. 1988. Psikologi Pendidikan. Cet. II; Jakarta: Bina Aksara.
Sukirman Nurdjan, S. S., Firman, S. P., & Mirnawati, S. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara TIMUR.
Tim Dosen FIP IKIP Malang. 1988. Pengantar Dasar-dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Undang-undang Republik Indo¬nesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.
Winkel, W.S., 1989. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia.
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2020 Firman Firman, Mirnawati Mirnawati, Sukirman Sukirman, Nurul Aswar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.