Penerapan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SDN 52 Pattedong Kabupaten Luwu
Keywords:
Video animasi, Hasil belajar, IPASAbstract
Penelitian ini fokus pada evaluasi penerapan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN 52 Pattedong, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan selama dua siklus, melibatkan 16 peserta didik kelas IV sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes untuk mengukur dampaknya terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, sebanyak 66,875% peserta didik mencapai standar penilaian. Meskipun demikian, karena belum mencapai target yang ditentukan, peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 88,75%. Dengan persentase ini, peneliti menghentikan tindakan dan menyimpulkan bahwa penggunaan video animasi dapat efektif meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya integrasi media pembelajaran inovatif, seperti video animasi, dalam proses pengajaran. Guru diharapkan menerapkan pendekatan serupa untuk memaksimalkan potensi pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat menjadi solusi efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan memotivasi, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan di SDN 52 Pattedong Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu.
References
Angela, P., Andini, S. A., & Rohimah, A. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Penguatan Karakter Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar 01 Sumberjaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12002
Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646
Magdalena, I., Nurchayati, A., Suhirman, D. P., & Fathya, N. N. (2023). Implementasi Teori Pengembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. ANWARUL, 3(5), 960–969. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1431
Mamase, R. (2019). Pemanfaatan Visual Animasi Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30869/jag.v2i2.370
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Pajrina, L. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi pada Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan dalam Muatan IPS di Kelas V SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), Article 02. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.227
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan Pembelajaran (2nd ed.). PT. RajaGrafindo Persada - Rajawali Pers.
Rindawati, T., Thamrin, L., & Lusi, L. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Film Kartun dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa SD LKIA. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1722
Sabrina, N. A., Maharaja, L. R., Naingglan, M. M., & Gaol, M. L. (2023). Pengaruh Pengembangan Media Ajar Visual Terhadap Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Konsep Matematika Secara Visual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11–11. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.113
Saragih, E. M., & Sirait, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Plotagon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), Article 4. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1265
Sastrawan, K. B., & Suardipa, I. P. (2021). Pembelajaran Berkualitas Berbasis Nine Instructional Events Teori Belajar Gagne. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.55115/haridracarya.v1i2.1436
Sinaga, B., & Choiriyah. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget di Highscope Bekasi. Seroja : Jurnal Pendidikan, 2(5), Article 5. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i5.1290
Situmorang, R. P., & Andayani, E. P. (2019). Penggunaan Media Animasi Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i1.14544
Sutiah. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Nizamia Learning Center.
Wahyuddin, W. (2012). Efektifitas penggunaan media Film Kartun dalam pembelajaran Shalat: Studi eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah tahun pelajaran 2011/2012 [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/41166/
Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Puri Cipta Media.