Kepraktisan Modul Pembelajaran Materi Kebersamaan dalam Keberagaman Terintegrasi Perilaku Terpuji pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar

Authors

  • Indah Milenia Inggrith Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nurdin K Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Hisbullah Hisbullah Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Modul pembelajaran, kebersamaan dalam keberagaman, perilaku terpuji

Abstract

Penelitian ini sebagai respons terhadap kepribadian siswa dalam menghargai satu sama lain dalam proses pembelajaran dalam lingkup sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba mengenalkan metode pembelajaran menggunakan  modul pembelajaran kebersamaan dan keberagaman terintegritas perilaku terpuji peserta didik kelas IV di SDN 24 Temmalebba. Tujuan mendalam yaitu untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya menghargai perbedaan dalam kehidupan sosial. Modul ini dirancang agar siswa dapat mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerja sama dalam lingkungan yang beragam melalui pembelajaran kolaboratif. Integrasi nilai-nilai perilaku terpuji difokuskan pada pembentukan karakter siswa, dengan penekanan pada empati, kerja sama, dan menghargai perbedaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan guru kelas IV dan peserta didik di kelas tersebut di SDN 170 Putemata. Hasil penelitian ini diperoleh tingkat kepraktisan modul pembelajaran tema kebersamaan dalam keberagaman yang terintegrasi dengan perilaku terpuji  yaitu dengan nilai 37,92% atau masuk dalam kategori kurang praktis untuk digunakan oleh siswa kelas IV SDN 24 Temmalebba. Hasil ini mengisyaratkan bahwa meskipun modul ini dapat diterima oleh guru, masih diperlukan beberapa penyesuaian agar lebih sesuai dan relevan bagi siswa, terutama dalam hal penyajian materi dan penilaian. Dengan perbaikan yang tepat, diharapkan modul ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

References

Abdullah Shonhaji dkk, Tarjamah Sunan Ibnu Majah, Jilid 1, Cet. 1, (CV. Asy-Syifa: Semarang, 1992).

Abu Abdullah Muhammad bin Yazid Al-Qazwiiniy, Sunan Ibnu Majah, Kitab. Al Muqaddimah, Juz 1, No. 224, (Beirut-Libanon: Darul Fikri, 1981 M).

Al Hamdany, Muhammad Zuljalal, et al. "Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik di Era Society 5.0." Jurnal Al-Qayyimah 7.1 (2024): 105-118.

Alisnaini, Ahmad Farhan, et al. "Penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Berbasis Teks dalam Kurikulum 2013." Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4.3 (2022): 387-393.

Amrulloh, Muhammad Afif. "Sistem Penilaian dalam Pembelajaran." Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 7.2 (2020): 125-148.

Asrul, Asrul, Abdul Hasan Saragih, and Mukhtar Mukhtar. "Evaluasi Pembelajaran." (2022).

Fatimah, S. N., Aghniya, H. Z., Rahmanto, D., & Aeni, A. N. Penerapan Aplikasi Character Building untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Peserta didik Kelas 3 Sekolah Dasar. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(3), (2022).

Fatimah, Siti, and Muhammad Agus Kurniawan. "Implementasi Pendidikan Multikultur di SD/MI." Roqooba Journal of Islamic Education Management 1.3 (2023): 1-13.

Fauzan, Muhammad Faza, et al. "Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil: Seberapa Efektifkah dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Siswa." Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8.3 (2022): 1805-1814.

Febrina Dafit dan Dea Mustika, “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Peserta Didik Sekolah Dasar,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021).

Fitri, Furhatul. "Pendidikan Multikultural dalam Mengatisipasi Promblematika Sosial di Era Digital." AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam dan Budaya 3.02 (2023).

Hakim, L. Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1, 2016).

Huljannah, Miftha. "Pentingnya Proses Evaluasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar." Educator (Directory of Elementary Education Journal) 2.2 (2021): 164-180.

Idrus, Iqbal Aidar, et al. "Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia." Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5.3 (2024): 4418-4424.

Downloads

Date published articles:

2024-11-16

Cite on this Journal:

Inggrith, I. M., K, N. ., & Hisbullah, H. (2024). Kepraktisan Modul Pembelajaran Materi Kebersamaan dalam Keberagaman Terintegrasi Perilaku Terpuji pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(3), 361–370. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/373

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>