Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Pemodelan Bangun Ruang Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
Augmented Reality(AR), Learning Media, Geometry ConceptsAbstract
Penelitian ini membahas tentang efektivitas media pembelajaran Augmeted Reality (AR) pemodelan bangun ruang terhadap pemahaman konsep geometri siswa kelas V di UPT SDN 069 Limbong. Penelitian ini unuk mengetahui pemahaman konsep geometri siswa sebelum dan sesuda menggunakan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dan mengetahui efektivitas media pembelajaran Augmented Reality(AR).Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksprimental dengan jenis One Group pretest dan posttest design.Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa/siswi UPT SDN 069 Limbong, sampel yang diambil siswa kelas V UPT SDN 069 Limbong, instrument yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Adapun perankat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP,sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu taknik analisis deskriptif dan analisis infersial. Hasil penelitian menujukkan bahwa pemahaman awal siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dalam ketegori sangat rendah 27,4% rendah 36,3% sedang 36,3%. Nilai rata-rata 60 kelas V UPT SDN 069 Limbong sebelum di terapkan media pembelajaran Augmented Reality (AR).Selanjutnya hasil setelah diteapkan media pembelajaran Augmened Reality (AR) menunjukkan yaitu rendah 9,1%18,3% sedang 36,3% tinggi. Nilai rata –rata 80.Melhat dari hasil presentase yang dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep geometri setelah menggunakan media pembelajaran Augmented Reality (AR) tergolong tinggi.Bedasarkan hal tesebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality (AR) pemodelan bangun ruang tehadap pemahaman konsep geometri siswa kelas V UPT SDN 069 Limbong Kabupaten Luwu Utara dalam kreteria efektif.
References
Abdullah, A. W., Achmad, N., & Fahrudin, N. C. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.34312/euler.v8i2.10324
Destiana, O., Sumarni, S., & Adiastuti, N. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Kontruktivisme berbasis Kemampuan Penalaran Matematis. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.152
Hariadi, L., & Gondohanindijo, J. (2021). Model Koping Untuk Mengatasi Stres Belajar Matematika Melalui Aplikasi Berbasis Media Pembelajaran Interaktif (MPI) pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 31–46.
Hisbullah, H., Nadirah, S., Aniati, A., & Rahman, A. (2022). Construction And Validity Of The Hypnoteaching-Based Learning Model: A Development Study In Elementary Schools. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), Article 03. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4796
Idrus, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Kognitif Multimedia pada Kalbu Perspektif al-Qur’an. Al Ashriyyah, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v9i2.171
Kaharuddin, K., & Hisbullah, H. (2022). Integrated Local Wisdom Values in Strengthening Student Character: Curriculum Design for Madrasah Ibtidaiyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), Article 01. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.5095
Lestari, D., & Kusno, K. (2023). Studi Literatur: Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.2554
Magdalena, E., Natalia, D., Pranata, A., & Wijaya, N. J. (2022). Filsafat dan Estetika Menurut Arthur Schopenhauer. Clef : Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.51667/cjmpm.v3i2.1111
Mustofa, M., Asy’ari, H., & Ratnaningsih, S. (2023). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Guru di Sekolah Dasar: Mengungkap Praktik Efektif Retensi untuk Pengembangan Guru. Annizom, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.29300/nz.v8i3.13288
Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), Article 6. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1113-1120
Rulyansah, A., & Wardana, L. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi 4K Anies Baswedan dan Multiple Intelligences. Jurnal Basicedu, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.539
Tabrani, M. B., Puspitorini, P., & Junedi, B. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pada materi kualitas instrumen evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.42943
Zulkarnaen, R. (2020). Konsepsi Siswa dalam Proses Pemodelan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3638