Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Pemodelan Bangun Ruang Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Jumaena Jumaena Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Salmilah Salmilah Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nilam Permatasari Munir Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Augmented Reality(AR), Learning Media, Geometry Concepts

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas media pembelajaran Augmeted Reality (AR) pemodelan bangun ruang terhadap pemahaman konsep geometri siswa kelas V di UPT SDN 069 Limbong. Penelitian ini unuk mengetahui pemahaman konsep geometri siswa sebelum dan sesuda menggunakan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dan mengetahui efektivitas media pembelajaran Augmented Reality(AR).Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksprimental dengan  jenis One Group pretest dan posttest design.Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa/siswi UPT SDN 069 Limbong, sampel yang diambil siswa kelas V UPT SDN 069 Limbong, instrument yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Adapun perankat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP,sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu taknik analisis deskriptif dan analisis infersial. Hasil penelitian menujukkan bahwa  pemahaman awal siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dalam ketegori sangat rendah 27,4% rendah 36,3% sedang 36,3%. Nilai rata-rata 60 kelas V UPT SDN 069 Limbong sebelum di terapkan media pembelajaran Augmented Reality (AR).Selanjutnya hasil setelah diteapkan  media pembelajaran Augmened Reality (AR) menunjukkan yaitu rendah 9,1%18,3% sedang 36,3% tinggi. Nilai rata –rata 80.Melhat dari hasil presentase yang dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep geometri setelah menggunakan media pembelajaran Augmented Reality (AR) tergolong tinggi.Bedasarkan hal tesebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality (AR) pemodelan bangun ruang tehadap pemahaman konsep geometri siswa kelas V UPT SDN 069 Limbong Kabupaten Luwu Utara dalam kreteria efektif.

References

Abdullah, A. W., Achmad, N., & Fahrudin, N. C. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.34312/euler.v8i2.10324

Destiana, O., Sumarni, S., & Adiastuti, N. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Kontruktivisme berbasis Kemampuan Penalaran Matematis. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.152

Hariadi, L., & Gondohanindijo, J. (2021). Model Koping Untuk Mengatasi Stres Belajar Matematika Melalui Aplikasi Berbasis Media Pembelajaran Interaktif (MPI) pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 31–46.

Hisbullah, H., Nadirah, S., Aniati, A., & Rahman, A. (2022). Construction And Validity Of The Hypnoteaching-Based Learning Model: A Development Study In Elementary Schools. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), Article 03. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4796

Idrus, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Kognitif Multimedia pada Kalbu Perspektif al-Qur’an. Al Ashriyyah, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v9i2.171

Kaharuddin, K., & Hisbullah, H. (2022). Integrated Local Wisdom Values in Strengthening Student Character: Curriculum Design for Madrasah Ibtidaiyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), Article 01. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.5095

Lestari, D., & Kusno, K. (2023). Studi Literatur: Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.2554

Magdalena, E., Natalia, D., Pranata, A., & Wijaya, N. J. (2022). Filsafat dan Estetika Menurut Arthur Schopenhauer. Clef : Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.51667/cjmpm.v3i2.1111

Mustofa, M., Asy’ari, H., & Ratnaningsih, S. (2023). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Guru di Sekolah Dasar: Mengungkap Praktik Efektif Retensi untuk Pengembangan Guru. Annizom, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.29300/nz.v8i3.13288

Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), Article 6. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1113-1120

Rulyansah, A., & Wardana, L. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi 4K Anies Baswedan dan Multiple Intelligences. Jurnal Basicedu, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.539

Tabrani, M. B., Puspitorini, P., & Junedi, B. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Android pada materi kualitas instrumen evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.42943

Zulkarnaen, R. (2020). Konsepsi Siswa dalam Proses Pemodelan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3638

Downloads

Date published articles:

2023-11-01

Cite on this Journal:

Jumaena, J., Salmilah, S., & Permatasari Munir, N. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Pemodelan Bangun Ruang Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(3), 149–160. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/292