Implementasi Pembelajaran Blended Learning pada Mata Kuliah TIK untuk Meningkatkan Kompetensi TIK Mahasiswa FTIK IAIN Palopo
Keywords:
blended learning, kompetensi TIKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan blended learning pada mata kuliah Ilmu Komputer (ICT) dan 2) mengetahui keefektifan blended learning dalam mengatasi keterbatasan fasilitas dan waktu pembelajaran di kelas dan di laboratorium sehingga dapat meningkatkan kompetensi TIK mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model one group pretest-posttest. Subyek penelitian melibatkan 2 kelas dengan 63 mahasiswa FTIK yang mengambil mata kuliah TIK pada semester berjalan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pretest dan posttest. Selanjutnya hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan analisis N-gain dan uji-t. Pelaksanaan pembelajaran dengan model blended learning untuk mata kuliah computer knowledge (ICT) di FTIK IAIN Palopo melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil belajar siswa menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model blended learning dapat meningkatkan kompetensi TIK mahasiswa FTIK IAIN Palopo secara signifikan.
References
Ahmad Muhli, (2012). Efektifitas Pembelajaran, Jakarta, Wordpress.
Chaiya Akarawang, Pachoen Kidrakan, Prasart Nungchalem. (2016). Developing ICT Competency for Thai Teachers Through Blended Training, Journal Education Of Learning Vol. 10 (1) pp. 15-21. https://edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/view/2830/pdf_111
DAKHI, O., JAMA, J., & IRFAN, D. (2020). Blended Learning: A 21st Century Learning Model At College. International Journal Of …. https://multisciencejournal.com/index.php/ijm/article/view/92
Dewantara, D., Misbah, M., & Wati, M. (2020). The implementation of blended learning in analog electronic learning. Journal of Physics: Conference …. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1422/1/012002/meta
MP Ningsih, Iman Hilman , Fuad Guntara . (2020). Implementation of Blended Learning through Google Classroom in Geography Learning Media Courses. LA GEOGRAFIA VOL. 19 NO 1 Oktober 2020. https://ojs.unm.ac.id
Zaidatun Tasir, Khawla Mohammed E Amin Aboor, dkk. (2012). Relationship Between Teacher’s ICT Competency, Comfidence Level, and Satisfaction Toward ICT Training Programmes : A Case Study Among Postgraduate Students, TOJET : The Turkish. https://eric.ed.gov/?id=EJ976576.