Dampak Psikososial Peserta Didik pada Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi di UPT SD 041 Padang Kabupaten Luwu Utara

Authors

  • Chelfi Chelfi Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nurdin K Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Muhammad Guntur Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Dampak psikososial, pembelajaran tatap muka, pasca pandemi

Abstract

Dampak Psikososial Peserta Didik pada Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi di UPT SD 041 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bgaimana perkembangan dan  dampak psikososial peserta didik pada pembelajaran tatap muka pasca pandemi, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kodensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah sekolah daring di lakukan dan pertemuan tatap muka kembali di lakukan sangat berdampak pada pembelajaran,  bukan itu saja juga berpengaruh pada sikap social dan emosi peserta didik. Dampak yang dirasakan oleh peserta didik yang mana selama pembelajaran daring banyak materi yang tidak mereka pahami, kebiasaan bermalas-malasan saat pembelajaran daring juga menjadi alasan siswa belum siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka.

References

Lubis,A.H., dan Dasopang,M. D, Online learning during the covid-19 pandemic: How is it implemented in elementary scools? Premiere Educandum: “Jurnal Pendidikan Dasar dan Pmbelajaran, 11.

Media Rahma, Intan. S, Linda Yarni. Psikologi Perkembangan Prantal, Usia Dini, dan Anak “ Hakikat Perkembangan dan Pertumbuhan, “jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2. No.1 (2024).

Nasirah, A., & Makniyah, J. (2022). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.28944/fakta.v2i2.292

Nuriana, I., & Adelina, F. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), Article 2.

Prasetyo Afhi Syurya M.” Analisis Kesulitan Belajar Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SDN 02 Purbosari Kabupaten Temanggung.” Jurnal Pendidikan, Bahasa & Sastra 2, No. 2 (2022): http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/praniti/index

Puspita Oktaviani.” Perkembangan Psikososial Anak Usia Dini yang Mengalami Keterlambatan dalam Berbicara.” Jurnal PAUD Agapedia 6, No. 2 (2022)

Sidiq dan Choiri, Muhammad M. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya. (2019)

Suryani, L., & Hisbullah, H. (2021). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa To’bea Kabupaten Luwu. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), Article 2.

Syafrizal.” Strategi dan Tantangan Pembelajaran Daring, Luring, dan Tatap Muka Terbatas pada masa Covid-19 di SDN 199/X Suka Maju.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, No. 1 (2022)

Tirajoh V Carissa, Munayang Herdy, Kairupan H.R Bernabas.” Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan Orang Tua Murid di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Biomedik (JBM) 13, No. 1 (2021): DOI: http://doi.org/10.35790/jbm.13.1.2021.31715

Widiyastuti Yuni Nuraini, Nurmahmudah Fitri.” Peran Guru dalam Mendeteksi dan Membantu Penanganan Gangguan Psikososial Peserta Didik di Usia Sekolah Dasar.” Journal Of Education 05, No. 03 (2023).

Downloads

Date published articles:

2024-05-02

Cite on this Journal:

Chelfi, C., K, N. ., & Guntur, M. (2024). Dampak Psikososial Peserta Didik pada Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi di UPT SD 041 Padang Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(1), 13–24. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/320

Most read articles by the same author(s)