Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Tema Peduli Terhadap Mahluk Hidup di Kelas IV MIS 21 Al-Manar Lamone Kabupaten Luwu

Authors

  • Eti Eti Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nurdin K Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Dwi Risky Arifanti Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Modul pembelajaran, Ayat al-Qur’an, Peduli terhadap makhluk hidup

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan modul pembelajaran berbasis ayat-ayat Al-Qur’an pada tema peduli terhadap makhluk hidup ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) Mengetahui kevalidan, (2) Untuk mengetahui kepraktisan, dan (3) Mengetahui keefektifan modul pembelajaran berbasis ayat-ayat Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta 21 Al-Manar Lamone sebanyak 16 siswa. Model pengembangan penelitin ini mengacu pada pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate) yaitu: 1) Define adalah pendefinisian untuk menentukan tujuan, 2) Design yaitu perencanaan untuk membuat rancangan modul, 3) Develop adalah pengembangan modul dengan melakukan uji validasi yaitu ahli bahasa, ahli materi, dan ahli keagamaan, 4) Disseminate adalah penyebarluasan produk yang telah dikembangkan agar bisa digunakan dengan baik yang didasarkan atas hasil respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai modul pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase validasi bahasa sebesar 86,1% dinyatakan valid, oleh ahli materi sebesar 81% dinyatakan valid, sedangkan ahli keagamaan didapat hasil 90% Sedangkan untuk hasil terhadap respon peserta didik berada pada persentase 83% sangat praktis dan respon pendidik berada pada persentase 87% kategori praktis. Tingkat keefektifan modul pembelajaran berbasis ayat-ayat al-qur’an didasarkan pada hasil belajar dengan persentase 87% peserta didik memperoleh ketuntasan belajar di atas KKM. Maka, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran ini termasuk dalam kategori valid, praktif, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

References

Daryanto, Menyusunu Modul (Yogyakarta: Gava Media, 2017)

Diani, Rahma, ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Model Problem Based Instruction’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4.2 (2015), 243 <https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96>

Ekawati, Tia, ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8.1 (2019), 184–92 <https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1826>

Fitra, Julsyam, and Hasan Maksum, ‘Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Powntoon Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK’, Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4.1 (2021), 1 <https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524>

Fitri, Rahmadhani, Ramadhan Sumarmin, and Yuni Ahda, ‘Pengembangan Lembar Kerja Siswa Biologi Berorientasi Pendekatan Kontekstual Pada Materi Pewarisan Sifat Untuk Kelas IX’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 5.1 (2014), 55–64

Mutmainna, Mutmainna, ‘Development of Integrated Teachings of Al-Qur’an Verses in Class I Students in Elementary Schools’, Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3.1 (2020), 47–62 <https://doi.org/10.24256/pijies.v3i1.1288>

Nurulloh, Endang Syarif, ‘Pendidikan Islam Dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan’, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7.2 (2019), 237 <https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.366>

Paidi, Inur Tivani dan, ‘Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Karater Peduli Lingkungan’, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2, No.1 (2016), hal.35

Downloads

Date published articles:

2024-05-02

Cite on this Journal:

Eti, E., K, N., & Arifanti, D. R. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Tema Peduli Terhadap Mahluk Hidup di Kelas IV MIS 21 Al-Manar Lamone Kabupaten Luwu. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(1), 199–216. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/340

Most read articles by the same author(s)