Validitas Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV di SDN 332 Padang Durian
Keywords:
Pengembangan media pembelajaran, PAI, budi pekertiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tahapan pengembangan video pembelajaran dan untuk mengetahui hasil uji validasi video pembelajaran untuk Pendidikan Agama Islam dan Karakter tentang Iman kepada Rasul-rasul Allah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Namun, dalam artikel ini hanya menyajikan hasil uji validitas video pembelajaran PAI yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SDN 332 Padang Durian dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV untuk tahun akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari produk video pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti menunjukkan hasil validasi dari para ahli media dengan persentase 82% dalam kategori sangat valid, ahli materi dengan persentase 100% dalam kategori sangat valid, dan ahli bahasa dengan persentase 84% dalam kategori sangat valid. Untuk hasil uji coba video pembelajaran dari siswa, diperoleh persentase 96,6% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran tentang Materi Pendidikan Agama Islam dan Karakter tentang Iman kepada Rasul-rasul Allah memenuhi kriteria validitas dan berhasil diuji untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
References
Adam, A. (2023). Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Amanah Ilmu: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), Article 1.
Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4017
Arini, A., & Umami, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Konstruktivistik dan Sosiokultural. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.845
Aziz, A. N., Rahmatullah, A. S., Makrufi, A. D., & Samsudin, M. (2022). Pembelajaran Online dalam Perspektif Teori Behavioristik. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), Article 4. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1055
Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dan Aplikasi Nya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), Article 1.
Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2180–2187. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21623
Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), Article 3. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i3.2317
Kinasih, S., & Sinaga, K. (2020). Kajian Penerapan Teori Pembelajaran Bermakna Ausubel Berdasarkan Perspektif Alkitabiah pada Materi Hidrokarbon [A Study on The Application of Ausubel’s Meaningful Learning Theory on Hydrocarbon Chemical Learning Based on A Biblical Perspective]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2128
Lathifah Abdiyah, -, & Subiyantoro, -. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 5(2), Article 2.
Rahmah, N. W., & Aly, H. N. (2023). Penerapan Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5425
Saputra, M. R., Wardhana, K. E., Effendy, R., Muthmainnah, R., & Anastasya, T. A. (2021). Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.126
Sasan, J. M. (2023). Enhancing English Proficiency for Filipinos Through a Multimedia Approach Based on Constructivist Learning Theory. Lingua Franca, 2(2), 51–65. https://doi.org/10.37680/lingua_franca.v2i2.2422
Shahbana, E. B., Farizqi, F. kautsar, & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249