Strategi Komando Resimen Mahasiswa dalam Membentuk Karakter Islami Anggota Resimen Mahasiswa di Perguruan Tinggi
Keywords:
Resimen Mahasiswa, Karakter Islami, Strategi KomandoAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi Resimen Mahasiswa (Menwa) dalam membentuk karakter Islami anggota Menwa Unit 712 di IAIN Palopo. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama: 1) Memahami peran Menwa dalam membentuk karakter Islami anggotanya, 2) Menganalisis strategi yang digunakan oleh Komando Menwa untuk mencapai tujuan tersebut, dan 3) Mengidentifikasi peluang dan tantangan yang dihadapi dalam proses ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan yang terdiri dari pembina, komandan, dan anggota aktif Menwa Unit 712. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa keberadaan Menwa dalam membentuk karakter Islami perlu diperkuat. Saat ini, Menwa lebih berfokus pada pengembangan karakter disiplin, sementara banyak anggota masih memiliki pengetahuan yang terbatas tentang Islam. Strategi yang digunakan untuk membangun karakter Islami termasuk pendidikan dan pelatihan rutin melalui kegiatan seperti kajian agama, sesi tilawah Al-Qur'an, pembacaan Yasin, praktik dakwah, dan diskusi Islam mingguan. Program-program ini diharapkan dapat membantu anggota Menwa menjadi lebih disiplin secara moral dan mengurangi pelanggaran terhadap norma agama dan budaya. Peluang yang diidentifikasi termasuk pengembangan keterampilan kepemimpinan dan kemampuan berbicara dengan percaya diri di depan umum. Namun, tantangan utamanya adalah keterbatasan waktu, yang membuat beberapa anggota sulit untuk secara konsisten berpartisipasi dalam kegiatan Islami karena tuntutan studi dan tanggung jawab lainnya.
References
Ambariyah, N., Mutmainah, A., & Sulami, S. (2023). Sinergitas Peran Guru dan Orang Tua dalam Mewujudkan Keberhasilan Pendidikan Agama Islam di SDI Unggulan Al Maslachah Panjunan Sidoarjo. Indonesian Journal Education Basic, 1(1), Article 1.
Hisbullah, H., Nadirah, S., Aniati, A., & Rahman, A. (2022). Construction And Validity Of The Hypnoteaching-Based Learning Model: A Development Study In Elementary Schools. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), Article 03. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4796
Lickona, T. (2021). Pendidikan Nilai dan Karakter: Seri Pendidikan Karakter (1st ed.). Nusamedia.
Muttaqin, Z. (2024). Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Impementasi Platform E-Learning. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(3), Article 3. https://doi.org/10.35931/aq.v18i3.3435
Panjaitan, R. (2021). Efisiensi Pemanfaatan Media E Learning di Masa Pandemi Covid -19 pada Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 2 Tanjung Selor. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.429
Uksan Arifuddin, Pendidikan Karakter Islami, Bangun Peradaban Umat, (Jakarta: CV Jejak, 2022)
Haq Nurul Muh, “Peranan Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Anggota Resimen Mahasiswa 712 IAIN Palopo” (Palopo, 2020)
Indah wahyunigtiyas, Upaya Pembentukan Karakter Islam Siswa Melalui Kegiatan Spiritual Camp di Man Bondowoso, dari Jurnal Islamic akademic, Vol 4, No. 1, 2017
Karim Rahim Abdullah and Arifuddin, Arifuddin. "Konsep Pendidikan Islam." Didaktika: Jurnal Kependidikan 10.1 (2021).
Patria Riza A, Profil Organisasi Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia Jakarta, 2019
Rabbani Fatria Mas’ul, “Peran Organisasi Mahasiswa Menwa UMS Terhadap Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Bagi Anggota Tahun Angkatan 2018/2019” Skripsi S1 Universitas Muhammadiyah Surakarta 2019
Rochim, Ahmad Abdul, and Siti Bandiah. "Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di SDN 09 Kaba Wetan." ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3.1 (2020)
Trilaksan Agus and Emalia, Fazriah. "Resimen Mahasiwa (MENWA) 804 Universitas Negeri Surabaya tahun 1994-2000." AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah 7.2 (2019).