Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Powtoon pada Mata Pelajaran Akidah Ahlak di Kelas VIII MTs Muhammadiyah Balebo
Keywords:
Media pembelajaran, aplikasi powtoon, akidah akhlakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi menggunakan aplikasi Powtoon untuk mata pelajaran Akidah Ahlak di kelas VIII MTs Muhammadiyah Balebo dengan fokus pada materi Berbakti Kepada Kedua Orang Tua. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian melibatkan guru akidah ahlak dan 23 siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Balebo. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi, serta analisis data yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validitas dari ahli materi menunjukkan 100% validitas dengan kategori "Sangat Valid", sementara ahli media memberikan nilai 85% dengan kategori "Sangat Valid". Respon dari guru mata pelajaran mencapai 100% dengan kategori "Sangat Valid" dan respon siswa sebesar 93% dengan kategori "Sangat Valid". Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran berbasis video dengan aplikasi Powtoon dapat meningkatkan minat belajar siswa.
References
A. landong, y. . rangkuti dan f. mayangsari. (2022). pengembangan media video pembelajaran berbasis powtoon pada materi fungsi komposisi. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 55.
Andrew fermando pakpaham. (2020). pengembangan media pembelajaran. yayasan kita menulis.
Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2013). Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 7(2), 121–128. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.226
Ariantini, N., Sudatha, I., & Tegeh, I. (2019). Pengembangan Animasi Pembelajaran Berbasis Microlearning Pada Kelas III Sekolah Dasar Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019. EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 23–32.
Candra Dewi, N. M. L., and I. G. A. O. N. (2021). pengembangan media video animasi ipa pada pokok bahasan sistem penerapan kelas V. Jurnal Edutech Undiksha., 3(4), 377–384. https://org/10.23887/jeu.v9i1.32501.
christiyanti aprinastuti. (2023). special book formedia tutorial ict-based learning (C. Aprinastuti (ed.); stiletto b). stiletto book.
Hamid, musrofa abi. (2020). media pembelajaran. yayasan kita menulis.
Nur, H., Said, M., Zainuddin, F., & Nurdin, K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama pada Materi Pembelajaran Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji Pendahuluan Metode. 12(4), 297–308.
Riono, & Fauzi. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PAI-BP di SD Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 125. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1921
Zainab, Abdul, P., & Lilis, S. (2024). Pengembangan Media Audiovisual Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Sekolah Dasar. Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(1), 10–20