Pengelolaan Pembelajaran IPS Melalui Model Talking Stick di Kelas IV SD 170 Putemata Luwu Utara

Authors

  • Kholisa Kholisa Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Lilis Suryani Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nursyamsi Nursyamsi Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Kreativitas guru, model talking stick, pengelolaan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini muncul sebagai respons terhadap kekurangan kreativitas yang ditemui pada guru, yang pada gilirannya mempengaruhi pemahaman materi oleh peserta didik. Adanya kurangnya inovasi dalam pendekatan pengajaran sering kali menyebabkan pembelajaran yang monoton dan kurang menarik. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba mengenalkan metode pembelajaran yang kreatif, dengan memfokuskan pada penggunaan model talking stick pada pelajaran IPS kelas IV di SDN 170 Putemata, Kabupaten Luwu Utara. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tingkat kreativitas guru dan mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran talking stick. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan guru kelas IV dan peserta didik di kelas tersebut di SDN 170 Putemata. Hasil penelitian menyoroti bahwa kreativitas guru dalam menggunakan model pembelajaran talking stick melibatkan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap persiapan, guru menyusun RPP yang terkait dengan model talking stick dan menyiapkan media yang sesuai. Pelaksanaan model pembelajaran dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan, sementara pada tahap evaluasi, guru memberikan pertanyaan umpan balik kepada peserta didik untuk mengukur pemahaman mereka. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor penghambat, seperti konsentrasi peserta didik yang terpecah karena rasa gugup atau takut untuk menjawab pertanyaan, ketidaksiapan peserta didik dalam merespons pertanyaan, dan ketegangan yang dirasakan oleh peserta didik saat menjawab pertanyaan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif.

References

Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760

Asrul, Asrul, Abdul Rachman Tiro, and Heryani Rissakotta. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Kelas IV SD Inpers 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2020

Asrul, A., & Pia, M. Implementasi Model Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal PublikasI Pendidikan Dasar, 2022

Azizeh, S. N. (2021). Metode Kisah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Bercerita pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v7i1.4237

Bosco, F. H., Nardi, M., & Mulia, B. (2022). Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SDI Timung Tahun 2021. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 6(1), 61–66. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i1.1116

Gustiansyah Kasna. dkk, Pentingnya Menyusun RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas, Jurnal Admunistrative Science, 2020

Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian Analisis Pendekatan Teori Konstruktivisme Dalam Proses Belajar Mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.150

Hasruddin, Fandri, and Asrul, Asrul. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA di SD Inpers 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2020

Kumullah, R., & Yulianto, A. Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Pohon Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2020

Mulyadi, M. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran (Inquiry). Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.55102/alyasini.v7i2.4482

Nurhartina, A., & Torobi, I. Pengaruh Pelaksanaan Metode Outdoor Learning dalam Pembelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Sisea SD PGRI Serui. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2021

Quraisy Sherly. Efektivitas Penggunaan Metode Talking Stick dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tamrin Kelas I Marhalah Tsanawiyah TMII Putri Al-Amien Prenduan”, Jurnal Studi Islam dan Interdiseipliner, 2021

Sari, Widya Sinta Kumala; Fajrie, Nur; Kironorarti, Lintang. Kreativitas Karya Dekoratif Siswa dalam Pembelajaran Project Based Learning pada Kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2024

Sugiantiningsih Ayu Ida. Penerapan Model Pembeajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card untuk Meningkatkan kemampuan Berbicara, Jurnal ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2019

Sunhaji, Dkk. Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah Purwokerto Barat, 2022

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafida, 2009

Downloads

Date published articles:

2024-02-01

Cite on this Journal:

Kholisa, K., Suryani, L., & Nursyamsi, N. (2024). Pengelolaan Pembelajaran IPS Melalui Model Talking Stick di Kelas IV SD 170 Putemata Luwu Utara. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 287–296. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/304

Most read articles by the same author(s)