Pengembangan Media Pembelajaran Sajadah Pintar pada Mata Pelajaran Tata Cara Shalat di Kelas IV SDN 18 Maroangin Palopo
Keywords:
Media Pembelajaran, Sajadah Pintar, Tata Cara SholatAbstract
Penelitian ini membahas Pengembangan Media Pembelajaran Sajadah Pintar pada Materi Tata Cara Salat di Kelas IV SDN 18 Maroangin. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran sajadah pintar. 2) Mengetahui validitas pengembangan media pembelajaran sajadah pintar. 3) Mengetahui respons siswa terhadap pengembangan media pembelajaran sajadah pintar pada materi pembelajaran tata cara salat di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi media pembelajaran, lembar angket respons siswa, lembar instrumen wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Untuk mengetahui validitas media yang dikembangkan, dilakukan uji validitas oleh validator ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Tahapan pengembangan media sajadah pintar menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tingkat validitas media sajadah pintar dapat dilihat dari lembar instrumen validasi yang telah diisi oleh tim validator ahli, yaitu ahli media dan ahli materi yang merupakan dosen di IAIN Palopo. Rata-rata hasil validasi dari tiga validator ahli menunjukkan bahwa ahli media memiliki kategori valid dengan skor 70%, sedangkan ahli materi memiliki kategori sangat valid dengan skor 95%. Berdasarkan respons siswa terhadap pengembangan media pembelajaran sajadah pada proses pembelajaran, persentase yang diperoleh memenuhi kriteria "sangat tertarik" dengan rata-rata total skor 53,6, persentase rata-rata 89,36%, dan skor maksimum 60.
References
Bin Firman, Rusdi. Anhar. Strategi Pembelajaran Dalam Penerapan Media Balon Rukun Islam Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VI Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Madani Palopo. 20022. PhD Thesis. institut agama Islam Negeri (IAIN Palopo).
Butrahman, Muji dan Fauzatul Faridy, “Analisis Penerapan Tata Cara Shalat yang Benar pada Santri TPA Geuceu Meunara Banda Aceh,” Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, Vol 1, No 2, (Agustus 29, 2021)
Fakhrunnisaa, Nur. "Deskripsi Motivasi Belajar Bahasa Arab Peserta didik Pengguna Media Pembelajaran Pop-Up Book." Jurnal Konsepsi 12.2 (2023)
Hasriadi, St. Marwiyah, Muhammad Ihsan, Arifuddin, Muh. Yamin, Muh. Zuljalal Al-Hamdany, dan Dewi Mustika Putri "Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Lingkungan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Pengkendekan Luwu Utara." Madaniya 4.2 (2023): 531-539.
Iman, Bustanul. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menggunakan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Pada SMP Negeri Di Kecamatan Soreang Kota Parepare)." Jurnal Istiqra 7.1 (2019).
Munir, Nilam Permatasari. "Pengembangan buku ajar trigonometri berbasis konstruktivisme dengan media e-learning pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo." Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 6.2 (2018): 167-178.
Musa, Lisa Aditya Dwiwansyah, Mawardi, St. Marwiyah, Muh. Ihsan, Hardianto, Idil Saptaputra, Munandar. "Pelatihan media pembelajaran interaktif berbasis web pada guru PAI di Kota Palopo." RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat 5.2 (2022): 148-157.
Rifa'i, Moh. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Edisi 2. Semarang: PT.Karya Toha Putra, 2017.