Peran Pembelajaran PAI dalam Membangun Karakter Islami (Sebuah Kajian Literatur)
Keywords:
Pembelajaran PAI, Karakter Islami, Pendidikan Agama Islam, Kajian LiteraturAbstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter Islami peserta didik. Karakter Islami mencerminkan nilai-nilai akhlak mulia yang berlandaskan ajaran Islam, seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan toleransi. Penelitian ini merupakan kajian literatur yang bertujuan untuk menganalisis peran pembelajaran PAI dalam membangun karakter Islami melalui berbagai pendekatan dan strategi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai sumber akademik, termasuk jurnal, buku, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI yang efektif tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga harus mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam aspek afektif dan psikomotorik. Penerapan metode pembelajaran berbasis keteladanan, habituasi, serta refleksi nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari terbukti berkontribusi dalam pembentukan karakter peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran PAI yang menekankan aspek internalisasi nilai agar peserta didik tidak hanya memahami ajaran Islam secara teoritis, tetapi juga mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.
References
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Hasan, M. (2020). "Inovasi Pembelajaran PAI dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik." Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 145-160.
Muhaimin. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pendekatan, Metodologi, dan Strategi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rahman, A., & Syamsuddin, H. (2022). "Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran PAI untuk Penguatan Karakter Islami." Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 10(1), 75-90.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tilaar, H. A. R. (2016). Membangun Pendidikan Karakter dalam Masyarakat Multikultural. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Zakiah, D. (2021). "Kontribusi Pembelajaran Berbasis Karakter terhadap Perkembangan Moral Peserta Didik." Jurnal Pendidikan Karakter Islami, 9(1), 112-130.
Nata, A. (2005). Pemikiran Pendidikan Islam: Pendekatan Filosofis dan Konseptual. Jakarta: Rajawali Press.
Zuhairini, dkk. (2004). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyanto, S., & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.
Wahyudi, A. (2020). "Implementasi Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 7(2), 89-105.
Syamsuddin, H. (2018). "Metode Pembelajaran PAI yang Efektif dalam Membentuk Karakter Islami." Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 6(1), 55-70.
Rahmawati, T. (2021). "Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran PAI: Studi Literatur." Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 11(3), 132-148.
Yusuf, M. (2019). Psikologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.