Pengembangan Modul Pembelajaran Subtema Organ Gerak Hewan Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar
Keywords:
modul, berbasis keterampilan berpikir kritis, organ gerak hewanAbstract
Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan, mendesain pengembangan, menghitung nilai validitas juga praktikalitas bahan ajar modul pembelajaran berbasis keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) yang dipadukan dengan desain model pengembangan 4D yang dilaksanakan dengan empat langkah sistematis yakni (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (4) Disseminate. Pelaksanaan penelitian berada di SD Negeri 99 Pongrakka, dimana peserta didik kelas V sebagai subjek penelitiannya. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa lembar wawancara dan angket yang diisi oleh peserta didik. sedangkan proses analisis data dilaksanakan secara bertahap, kualitatif dahulu dan kuantitatif kemudian dengan rumus hitung liker’s. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menghasilkan hasil persentase validasi dari ahli bahasa adalah 90,62% (sangat valid), hasil nilai persentase validasi dari ahli materi adalah 89,28% (sangat valid), serta hasil nilai persentase validasi dari ahli pembelajaran/praktisi adalah 93,75% (sangat valid). Sedangkan untuk hasil uji praktikalitas mendapatkan nilai persentase rata-rata adalah 84,19% (sangat praktis).
References
Amalia, Nunung Fika, and Endang Susilaningsih. 2014. “Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Asam Basa”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 8 (2)
Chuseri, Achmad, Titi Anjarini, and Riawan Yudi Purwoko. 2021. "Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bangun Ruang" Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3 (1)
Diponegoro, Ahmad Muhammad. 2015. “Validitas Konstruk Skala Afektif.” Jurnal Psikologi Indonesia Vol. 2. No: 64.
Handikha, I Made Dwika, Anak Agung Gede Agung, and I Gde Wawan Sudatha. 2013. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Luther Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 Di SMP Negeri 1 Marga Kabupaten Tabanan Jurusan Teknologi Pendidikan , FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.” Jurnal Edutech Undiksha 1 (2): 10.
Lambertus. 2009. ”Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD". Artikel Jurnal Forum Kependidikan 8 (2).
Lasmiyati, Idris Harta. 2014. “Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika 9: 161–74.
Marlinawati, Sekar Arum. 2013. "Meningkatkan Minat Membaca Permulaan melalui Media Buku Cerita Bergambar pada Anak Kelompok B TK Pamardisiwi Madureso, Temanggung". Universitas Negeri Yogyakarta
Munir, Nilam Permatasari. 2018. “Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme Dengan Media E - Learning Pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo” 6 (2): 167–78.
Widodo, Prasetyo Budi. 2006. “Rehabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia.” Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro 3 (1): 1–9.
Ryan Fitrian Pahlevi. 2012. "Pengembangan Modul Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Menginterpretasikan Gambar Teknik Di SMK Muhammadiyah 01 Paguyangan Brebes".
Putu Ari Susanti and Ni Nyoman Kusmariyani. 2017. "Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA". Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1 (2): 101
Susilawati, Endang dkk. 2020. “Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) 6(1): 11-16.
Syani, Rara Salsabila, Fatwa Tentama, Ahmad M Diponegoro. 2021. “Validitas Dan Reliabilitas Konstruk Skala Kepuasan Kerja Guru”. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi 10 (2): 91–99