Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Palopo
Keywords:
Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Pembelajaran SKIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tahapan pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli, mengetahui hasil validasi media pembelajaran berbasis permainan monopoli, dan menentukan respons siswa terhadap media pembelajaran berbasis permainan monopoli. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah seluruh 18 siswa di kelas VII A. Objek penelitian adalah media pembelajaran berbasis permainan monopoli. Penelitian ini dilakukan di MTsN Palopo, khususnya di kelas VII A. Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli adalah 1) Media pembelajaran berbasis permainan monopoli dikembangkan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. 2) Media pembelajaran berbasis permainan monopoli dinyatakan sangat valid oleh 4 validator. Hasil penilaian dari 4 validator, yaitu ahli media I memperoleh skor 100 dengan kategori sangat valid, ahli media II memperoleh skor 80 dengan kategori sangat valid, ahli media III memperoleh skor 82,5 dengan kategori sangat valid, dan ahli materi memperoleh skor 87,5 dengan kategori sangat valid. 3) Respons siswa terhadap media pembelajaran berbasis permainan monopoli adalah 18 siswa mengatakan media pembelajaran berbasis permainan monopoli menarik, 18 siswa mengatakan media pembelajaran berbasis permainan monopoli efektif digunakan dalam pembelajaran, 18 siswa mengatakan media pembelajaran berbasis permainan monopoli mudah digunakan dalam pembelajaran, 13 siswa mengatakan materi Kekhalifahan Umayyah mudah dipahami, 13 siswa mengatakan pertanyaannya mudah dipahami, dan 5 siswa mengatakan pertanyaannya sulit dipahami.
References
Abdul Rasyid. Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi, Journal of Pedagogy, Volume 1, Number 1, 2018, halaman 13 - 25 problematika-pembelajaran-sejarah-kebuda-16cf0e3a.pdf
Azizah Dwi Ardhani, Mohammad Liwa Ilhamdi, dan Siti Istiningsih. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV SD, Jurnal Pijar MIPA Volume 16, Nomor 2 (3 Maret 2021) Halaman 172 – 173.
Desya Rossa Deviana dan Erlina Prihatnani. Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matexmatika Volume 3, Nomor 2 (Desember 2018) Halaman 114 – 131.
Hamriana Nur, Muhazzab Said, Fauziah Zainuddin, Rahima Rahima, dan Nurdin K. Pengembangan Media Pembelajaran Diorama pada Materi Pembelajaran Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji, Jurnal Pendidikan Refleksi, nomor 12, volume 4, halaman 297 – 308.
Indah Parsianti, Hastri Rosiyanti dan Rahmita Nurul Muthmainnah. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (MONIKA) pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Volume 6, Nomor 2 (Desember 2020) Halaman 133 – 140.
Maidatul Amalia. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di kelas V MIN 29 Kabupaten Bireuen %20082282026556.pdf
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), Article 1.
Sri Suciati, Ika Septiana, dan Mei Fita Asri Untari. Penerapan Media MONOSA (Monopoli Bahasa) berbasis Kemandirian dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar, Mimbar Sekolah Dasar Volume 2, Nomor 2 (24 Agustus 2015) Halaman 177. 1328-2412-3-PB.pdf
Sudianto. Penggunaan Media dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika, Didactical Mathematics, Volume 3, Nomor 1, 2021 article/view/3355/1910
Yessi Lovita Mada Lena, Djoko Adi Susilo, dan Sri Hariyani. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Berbasis Komputer pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) Volume 4, Nomor 2 (Desember 2021), Halaman 121 -140.