Desain Media Pembelajaran Berbasis Learning Door pada Mata Pelajaran PAI Materi Menghormati dan Menyayangi Orang Tua dan Guru di Kelas XI SMAN 9 Luwu
Keywords:
Media Pembelajaran, Learning Door, Menghormati dan Menyayangi Orang Tua dan Guru, Pembelajaran PAIAbstract
Artikel ini membahas tentang hasil penelitian tentang desain pengembangan media pembelajaran berbasis learning door pada mata pelajaran PAI materi menghormati dan menyayangi orang tua dan guru di kelas XI SMAN 9 luwu. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran berbasis learning door pada mata pelajaran PAI materi menghormati dan menyayangi orang tua dan guru di kelas XI SMAN 9 Luwu, 2) Untuk menganalisis kelayakan produk media pembelajaran berbasis learning door pada mata pelajaran PAI materi menghormati dan menyayangi orang tua dan guru di kelas XI SMAN 9 Luwu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Luwu dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan desktrptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis learning door dinyatakan layak berdasarkan penilaian oleh para validator dengan perolehan persentase 95% oleh ahli media, 96,6% oleh ahli materi, 90% oleh ahli bahasa dan 97,5% oleh ahli materi (Guru PAI).
References
Azizah Nur. Pengembangan Media Pintu Berkantong Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Anak Kelompok A Di TK “NITASARI” Gubeng Surabaya. Jurnal PAUD Teratai. Vol. 11 No.1, Tahun 2022 Halaman 85-92.
Dita Mesrawati Hulu & Karmila Pasaribu. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 6 No. 2 September 2022.
Faridha Diyan. Pengembangan Media Pintu Ajaib Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Kalimat Tanya Pada Siswa Kelas V SDN Sukoanyor 01 Malang. Patria Education Journal, Vol. 1 No. 2, Halaman:96-106, Desember, 2021.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.
Mahmudah, M., Zarkasi, Z., Munip, A., & Purnama, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fikih berbasis Pop Up Book untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/potensia.v9i2.25104
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1), Article 1
Sapriyah, S. (2019, May). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan Addie Model. Jurnal Ika, 11(1). https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.
Wulandari, A. & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.