Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Mitigasi Bencana di kelas V SDN 15 Salolo Kota Palopo

Authors

  • Baiq Santi Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Baderiah Baderiah Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Taqwa Taqwa Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Pengembangan media, Video pembelajaran, Mitigasi bencana

Abstract

Penelitian ini membahsa tentang pengembangan media video pembelajaran berbasis mitigasi bencana untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, kemudian dilanjutkan dengan merancang media yang dikembangkan, lalu proses selanjutnya adalah menguji media tersebut tingkat validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis mitigasi bencana peneliti menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian dan pengembangan ini, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media video pembelajaran pokok mitigasi bencana. Hal ini dilihat dari hasil validasi bahasa sebesar 81,2% dinyatakan valid, oleh ahli materi sebesar 91,6 % dinyatakan sangat valid, sedangkan ahli media untuk aspek media didapat hasil 75% Sedangkan untuk hasil penelitian pada uji coba produk untuk mengetahui tingkat praktikalitas memperoleh rata-rata sebesar 87,5% (sangat praktis) dan hasil uji efektifitas sebesar 85% (Sangat Efektif). Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis mitigasi bencana di kelas V SDN 15 Salolo Kota palopo dapat dikatakan valid dan layak untuk digunakan.

References

Ariyanti, Y. E., Yusro, A. C., & Sumariyanto. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 2 Tegalombo. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8435

Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dan Aplikasi Nya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), Article 1.

Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207

Fatih, M. I. A., & Tantriawan, H. (2021). Aplikasi Pengenalan Bencana Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality: Disaster Recognition Applications As a Learning Media Using Augmented Reality Technology. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.57152/malcom.v1i1.89

Hanum, R. A., Mirawati, I., & Karimah, K. E. (2023). Mengembangkan Pesan Whatsapp tentang Edukasi Mindful Parenting dengan Prinsip Cognitive Theory of Multimedia Learning. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), Article 1.

Mahnun, N. (2019). Optimalisasi Pengelolaan dan Pembelajaran Berbasis Online pada Lembaga Pendidikan Islam dalam Mewujudkan World Class University. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24014/ijiem.v1i1.5240

Mardianto, D. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Fisika Materi Kalor di SMP. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 7(8), Article 8.

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970

Pradina, A. T., & Pratama, M. M. A. (2021). Peningkatan Literasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Booklet Ringkas Inovatif Bagi Siswa SDN Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Jurnal Pasopati, 3(3). https://doi.org/10.14710/pasopati.2021.12120

Sulistiyani, S., Supriatna, N., & Fauzi, W. I. (2022). Penggunaan Komik Bertema Mitigasi Bencana Alam pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.19105/ejpis.v4i2.6952

Syach, D. C. M. A., & Listyaningsih, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Visual Novel pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 20 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(4), 788–798.

Syarifuddin, S., Efendi, J. F., & Fauzia, F. A. (2023). Pemahaman Mitigasi Bencana Alam Siswa Berbasis Permainan Tradisional pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Darurat Semeru. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9786

Downloads

Date published articles:

2024-08-07

Cite on this Journal:

Santi, B., Baderiah, B., & Taqwa, T. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Mitigasi Bencana di kelas V SDN 15 Salolo Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(2), 217–234. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/359