Integrasi Nilai Karakter melalui Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Sultan Abdul Munif Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Baderiah Baderiah Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Hisbullah Hisbullah Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Nilai karakter, Metode hypnoteaching, Pembelajaran di MI

Abstract

Artikel ini mengkaji integrasi nilai karakter dalam penerapan metode hypnoteaching di sekolah dasar. Penelitian ini dilandasi oleh pentingnya nilai karakter dalam kehidupan dan kegiatan siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi konsep pendidikan karakter pada siswa di tingkat madrasah ibtidaiyah, (2) Menganalisis konsep metode hypnoteaching dalam pembelajaran di tingkat madrasah ibtidaiyah, dan (3) Menjelaskan konsep integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam sintaks metode hypnoteaching pada pembelajaran di tingkat madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research), dengan data yang bersumber dari buku-buku terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi metode hypnoteaching dengan nilai-nilai karakter dapat dilihat melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang melibatkan sugesti positif, relaksasi, dan penguatan karakter seperti disiplin, tanggung jawab, dan kejujuran. Hypnoteaching memanfaatkan teknik relaksasi dan sugesti untuk menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan kondusif bagi siswa dalam menginternalisasi nilai-nilai tersebut. Hypnoteaching menggunakan teknik relaksasi untuk membantu siswa memasuki keadaan tenang dan fokus, sehingga mereka lebih mudah menerima dan memproses informasi. Dalam kondisi relaks ini, guru memberikan sugesti positif yang diarahkan pada penguatan nilai-nilai karakter, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, dan rasa hormat. Sugesti ini diberikan dengan bahasa yang lembut dan afirmatif, menciptakan suasana yang menyenangkan dan aman bagi siswa untuk mengembangkan perilaku positif. Proses ini membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai tersebut secara alami, karena mereka merasa lebih nyaman dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, teknik hypnoteaching juga membantu mengurangi kecemasan dan stres, yang sering kali menjadi penghalang dalam pembelajaran, sehingga siswa lebih terbuka untuk menerima pesan-pesan pendidikan karakter yang disampaikan.

References

Abu Abdullah Muhammad bin Yazid Al-Qazwiiniy, Sunan Ibnu Majah, Kitab. Al-Muqaddimah, Juz 1, No. 224, (Beirut-Libanon: Darul Fikri, 1981 M).

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V6i1.3394

Ali, R. Hubungan tingkat religiusitas dengan kecemasan moral pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Wangsa Manggala. Skripsi. Solo: Fakultas Psikologi Universitas Wangsa Manggala, 2017.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291-304.

Efendi, R., Ningsih, A. R., & SS, M. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Penerbit Qiara Media.

Juliani, Asarina Jehan, and Adolf Bastian. 2021. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila.”

Imran, “Hadist dan Al-Qur’an Pendidikan Karakter sebagai Upaya landasan dalam Islam”, 2017.

Kholifah, Wahyu Titis. 2020. “Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 2 (1): 115–20. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614.

Puspita, Dian Grace, and Dwi Esti Andriani. 2021. “Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Dan Permasalahannya.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6 (1): 21–37. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1734.

Ramdan, Ahmad Yasar, and Puji Yanti Fauziah. 2019. “Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 9 (2): 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501.

Safitri, Khanifatul. 2020. “Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Globalisasi” 4.

Sa’dun Akbar, “Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan di Sekolah Dasar”, Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 2016,

Salim, Ahmad. "Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah: Sebuah Konsep dan Penerapannya." Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 1.02 (2015): 1-16.

Temon Astawa, I Nyoman. 2021. “Pendidikan Agama dan Keagamaan dalam Menunjang Mutu Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Penjaminan Mutu 7 (2). https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2776.

Omeri, Nopan. "Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan." Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana 9.3 (2015).

Ulya, Vita Fitriatul, and Zulfatun Anisah. "Pembentukan Nilai Karakter Integritas Melalui Gerakan Literasi Sekolah pada Anak MI/SD." PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education 3.1, 2021: 43-56.

Downloads

Date published articles:

2024-08-07

Cite on this Journal:

Munif, S. A., Baderiah, B., & Hisbullah, H. (2024). Integrasi Nilai Karakter melalui Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(2), 279–288. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/365

Most read articles by the same author(s)