Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Audio Visual untuk Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar
Keywords:
Penelitian pengembangan, media pembelajaran matematika, audio visualAbstract
Artikel ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran pada materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar terintegrasi (audio visual). Penelitian ini bertujuan: a) Untuk mengetahui hasil Pengembangan, Validitas, dan Praktikalitas produk pengembangan media pembelajaran terintegrasi audio visual dalam keterampilan berhitung KPK dan FPB. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Tahap penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran terintegrasi audio visual yang memilii durasi 10 menit. yang didalamnya terdapat materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar. Didalam media ini ada beberapa poin yang pertama itu tujuan pembelajaran, pengertian dari kelipatan dan faktor, untuk mencari nilai KPK dan FPB selanjutnya ada latihan mengerjakan soal, dan akhir dalam media ini ada kunci jawaban. Kegunaan media ini yaitu untuk membantu guru dalam pembelajaran dan menumbuhkan rasa minat siswa dalam belajar. Hasil validitas dari masing-masing ahli. Hasil validasi oleh ahli materi 95,83% (sangat valid), ahli media 85,71% (sangat valid), ahli bahasa 93,75% (sangat valid). Kepraktisan 92,5% dengan memenuhi kategori sangat praktis. Pengembangan media pembelajaran terintegrasi audio visual dinyatakan sangat layak dan mendapatkan respon positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran.
References
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), Article 4.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56, Article 56. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.4
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Hatija, M., Lubis, L., & Rahim, R. (2023). Teori-Teori Belajar dan Implementasinya dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.35914/jad.v6i2.2125
Idrus, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Kognitif Multimedia pada Kalbu Perspektif al-Qur’an. Al Ashriyyah, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v9i2.171
Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424
Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400
Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V SD/MI. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(5), Article 5. https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.5888
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1), Article 1.
Mubarok, H., & Setiawan, W. (2023). Pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan plotagon studio pada materi peluang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), Article 4. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.18391
Nisa, Z., Azzahra, R. T., & Khotimah, S. K. (2023). Studi Analisis: Teori Pemrosesan Informasi dalam Pembelajaran PAI Berbasis HOTS. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.525
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Matematika di Kelas 1 MI Al Hikmah 1 Sepatan. PENSA, 3(1), 149–165.
Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220
Saputra, R. E. (2022). Penerapan Media Audio Visual pada Materi Penjumlahan Kelas 2 di SDN 3 Wonoboyo. BAHUSACCA : Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v3i1.1135
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.632
Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194