Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Kinemaster Materi Gaya Kelas IV SDN 10 Tomarundung
Keywords:
penelitian pengembangan, kinemaster, materi gaya, video animasiAbstract
Penelitian ini membahas tentang proses pengembangan media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN10 Tamarundung, bagaimana validitas media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN 10 Tamarundung, bagaimana kepraktisan penggunaan media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN 10 Tamarundung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN 10 Tamarundung, untuk mengetahui validitas media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SD Negeri 10 Tamarundung, untuk mengetahui kepraktisan media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN 10 Tamarundung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SDN 10 Tamarundung dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV dan guru kelas IV, Objek yang diteliti yaitu media video animasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa media video animasi yang telah memenuhi kategori valid. Adapun hasil validasi media video animasi menunjukkan bahwa hasil validasi media diperoleh nilai 75% dengan kategori valid, hasil validasi materi diperoleh nilai 70% dengan kategori valid, sedangkan hasil validasi bahasa diperoleh nilai 91,6% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas terhadap guru kelas IV SDN memperoleh nilai 96,8 % dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas terhadap 9 peserta didik kelas IV SDN 09 diperoleh nilai 82,5% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, maka media video animasi yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
References
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Dharmayani, N. P. A. G., Agung, A. A. G., & Wiyasa, I. K. N. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Efektif Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.54767
Fitria, E. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Online pada Pembelajaran Daring Fisika terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.52690/jitim.v2i1.173
Hanisah, Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Ispring suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur Hasil Belajar. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.68
Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian Analisis Pendekatan Teori Konstruktivisme Dalam Proses Belajar Mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.150
Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231
Hisbullah, H., & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar (1st ed.). Penerbit Aksara TIMUR.
Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), Article 2. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108
Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183
Muri, Y. F. M., Sumiharsono, R., & Triwahyuni, E. (2023). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Berbasis Wondershare Filmora Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tuna Grahita Ringan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), Article 2.
Muttaqin, T., & Kurniawan, K. (2021). Pemanfaatan Media Sosial WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Kelas VI A dan B di MI Miftahul Huda Jatisari Krenceng Kepung Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(1), Article 1.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), Article 1c. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Nafala, N. M. (2022). Implementasi Media Komik dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v3i1.571
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Syamsiani, S. (2022). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Penyalur Pesan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.274.