Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas V SDN 009 Batu Sopang Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur

Authors

  • Yuli Asnasari Universitas Terbuka
  • Hisbullah Hisbullah Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Sri Kuntari Universitas Terbuka

Keywords:

Hasil belajar, Pembelajaran IPS, Model Picture and Picture

Abstract

Penelitian ini dimulai setelah menemukan bahwa pencapaian akademis siswa kelas V SD Negeri 009 Batu Sopang rendah dalam mata pelajaran IPS . Tujuan  penelitian ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan ketidak aktifan peserta didik, pada akhirnya memengaruhi hasil pembelajaran mereka. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan belajar menjadi lebih menarik dan berarti dengan menerapkan model Picture and Picture dalam pembelajaran IPS. Ini dilakukan karena dalam proses pembelajaran, kesesuaian antara metode pengajaran dengan gaya belajar siswa sangat penting. Siswa yang aktif dikelas dan menginginkan pembelajaran dengan inovasi baru merasa terbatas oleh metode ceramah tradisional yang cenderung monoton. Penggunaan metode penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah menunjukkan hasil signifikan dalam meningkatkan pencapaian belajar peserta didik. Implementasi model Picture and Picture dalam setiap siklus berhasil meningkatkan hasil belajar secara bertahap, dengan peningkatan sebesar 22,2% pada Pra Siklus, 55,6% pada Siklus I, dan mencapai 88,9% pada Siklus II. Dalam setiap putarannya, terjadi peningkatan yang konsisten dalam prestasi belajar. Sebelum dimulainya siklus pembelajaran, rata-rata hasil belajar (kurang) dengan skor 59,2. Setelah dilakukan siklus I, terjadi peningkatan signifikan (cukup) dengan rata-rata 69,4. Siklus II menunjukkan peningkatan lebih lanjut, rata-rata mencapai 77,8 (baik). Data observasi terkait kinerja guru menunjukkan peningkatan dari 75,4% pada siklus I menjadi 81,5% pada siklus II. Observasi siswa juga menunjukkan peningkatan dari 67,5% menjadi 97,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Picture and Picture dalam pengajaran IPS, terutama dalam topik peristiwa dalam kehidupan, memiliki dampak positif dalam meningkatkan pencapaian belajar siswa.

References

Aisyah, N., Ijudin, I., Marliyana, C., & Nurlaeni, W. (2023). Analisis Metode Picture and Picture dalam Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.52434/jpai.v2i1.2889

Fatmawati, I. M. dan L. (2018). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik (1st ed.). Deepublish.

Firdaus, Z., Banowati, E. N., Maula, A. R., & Ermawati, D. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), Article 21. https://doi.org/10.5281/zenodo.10091510

Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains (1st ed.). Deepublish.

Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional (1st ed.). Syiah Kuala University Press.

Nurhasanah, N., Laadi, M. A., Sulaya, J., Rahman, A., & Tumbingo, Z. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Mata Pelajaran PPKn Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas IV SD Negeri Lingketeng Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25341

Sariani, N., Prihantini, Winarti, P., Indrawati, Jumadi, Suradi, A., & Satria, R. (2021). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Edu Publisher.

Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad Ke‐21 (1st ed.). Pustaka Media Guru.

Sinambela, P. N. J. M., Bulan, A., Febrina, A., Susilowaty, N., Fatchurrohman, M., Novianti, W., Sembiring, E. T. B., Chairunnisa, Subroto, D. E., & Mardhiyana, D. (2022). Model-Model Pembelajaran (1st ed.). Sada Kurnia Pustaka.

Siregar, N., Siregar, H., & Hutahaean, H. (2021). Application of the Picture and Picture Type of Cooperative Learning Model in Improving Student Learning Creativity. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i1.20300

Uno, N., & Iskandar, A. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.58176/edu.v1i2.83

Wahyudi, A., Pahan, B. P., & Sulistyowati, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Kooperatif Picture And Picture: Suatu Studi di SDN 5 Menteng. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.54170/harati.v3i2.228

Yahya, R. N., & Irianto, D. M. (2023). Implementasi Model Picture and Picture dalam Meningkatkan Keterampilan Menceritakan Kembali Dongeng Melalui Tulisan pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Laboratorium UPI Cibiru). Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.113-123

Yulisa, R., Safiah, I., & Fitriani, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Picture and Picture Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV SD Negeri Lampeuneurut. Elementary Education Research, 7(3), Article 3. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/21578

Downloads

Date published articles:

2024-05-02

Cite on this Journal:

Asnasari, Y., Hisbullah, H., & Kuntari, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas V SDN 009 Batu Sopang Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(1), 53–66. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/324