Efektivitas Penerapan Metode Permainan terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama
Kata Kunci:
Metode Permainan, Motivasi, Hasil Belajar MatematikaAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lamasi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII dengan jumlah 35 siswa. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengeahui efektivitas penerapan metode permainan terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan masing masing satu siklus sebanyak 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran dan pembahasan pada pelaksanaan dengan metode permainan di kelas VIII, maka dapat penulis simpulkan bahwa upaya peningkatan aktivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran maupun peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran matematika dapat dilakukan dengan menerapkan metode permainan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode pembelajaran mampu meningkatkan aktivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan juga meningkatkan hasil belajar siswa.
Referensi
Ahmadi, H.Abu. Pengantar Metodik Didaktik. Bandung : ARMICO.1989.
Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54-64.
Atmajaya. http://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=135032. Diakses tanggal 22 April 2012
Dimyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.
Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Megajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
Efendi, E., Nurdin, K., & Baderiah, B. (2020). Humanist Education: Its Implementation on Scavengers Children’s at TPA Mancani Palopo City. International Journal of Asian Education, 1(3), 155-168.
Fatmawati, F., Hasbi, H., & Nurdin, K. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383.
Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.
Nurdin, K., Muh, H. S., & Muhammad, M. H. (2019). The implementation of inquiry-discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1).
Rifuddin, B., Ilham, D., & Nurdin, K. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education (IJAE) by READ Institute, 1(2), 81-94.
Sriyono, dkk. Teknik Belajar Mengajar Dalam Cbsa. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 1992
Subagyo, Joko. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.1999
Tirtaraharja, Umar , dkk. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2000
Unduhan
Date published articles:
Cite on this Journal:
Terbitan
Bagian
License & Copyright

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.