Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui Penggunaan Metode Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Terintegrasi Permainan Tradisional Lompat Jengkal di Kelas VI SDN 8 Salubulo

Authors

  • Hapizah Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Rosdiana Rosdiana
  • Lisa Aditya Dwiwansyah Musa

Keywords:

Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Metode Teams Games Tournament (TGT), Nilai-Nilai Pancasila, Permainan Tradisional Lompat Jengkal

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui Penggunaan Metode Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Terintegrasi Permainan Tradisional Lompat Jengkal di Kelas VI SDN 8 Salobulo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Perangkat Pembelajaran Melalui Penggunaan Metode Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D). Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, tetapi peneliti hanya menggunakan 3 tahapan saja. Pada tahapan analisis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran yang terdiri dari analisis kinerja, memilih arah fungsi tugas, mengkontruksi performance, dan analisis tujuan. Persngkst pembelajaran yang telah dibuat selanjutnya divalidasi oleh 2 validator di antaranya: validator bahasa, dan validator materi. Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk yang telah ditotalkan dan bernilai sangat valid dengan presentase 88.89%. Hasil dibuktikan dengan nilai dari ahli materi 80%, dan nilai dari ahli bahasa 90%. Dari hasil data praktikalitas yang telah didapatkan diketahui bahwa terdapat 7 poin yang peneliti nilai ada 6 yang baik dengan presentase 75% dan ada 1 yang sangat baik dengan presentase 100%. Total dari keseluruhan bernilai sangat praktis dengan presentase 90%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perangkat pembelajaran ini dapat meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa.

References

Anas, M., & Muassomah, M. (2021). Model pembelajaran Teams Games Turnament (TGT) sebagai alternatif pembelajaran Maharah Kitabah. ’A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 10(1), Article 1.

Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459

Hamdani, M. S., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778

Hamid, A. (2016). Implementasi Kompetensi Guru dalam Evaluasi Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Al-Balad Kamande. J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.35329/jalif.v1i1.433

Hikmah, M., Anwar, Y., & Hamid, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X DI SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.36706/fpbio.v5i1.7049

Novianti, H. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.33369/mapen.v9i2.1130

Sangaji, Y. (2018). Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Basic Education, 7(7), Article 7.

Sulhiyati, S. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 10(1), 20–28. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.816

Ulfa, M., & Saifuddin, S. (2018). Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/suhuf.v30i1.6721

Yunian, R. W., Hasanudin, H., Rosidin, U., Hariri, H., & Sowiyah, S. (2023). Peningkatan Kinerja Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik dan In House Training. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/alidarah.v13i1.14895

Downloads

Date published articles:

2024-08-12

Cite on this Journal:

Hapizah, Rosdiana, R., & Lisa Aditya Dwiwansyah Musa. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui Penggunaan Metode Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Terintegrasi Permainan Tradisional Lompat Jengkal di Kelas VI SDN 8 Salubulo. Jurnal Konsepsi, 13(2), 94–103. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/358