Efektivitas Penerapan Metode Permainan terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Nurul Aswar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Indonesia

Keywords:

Metode Permainan, Motivasi, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lamasi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII dengan jumlah 35 siswa. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengeahui efektivitas penerapan metode permainan terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lamasi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan masing masing satu siklus sebanyak 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran dan pembahasan pada pelaksanaan dengan metode permainan di kelas VIII, maka dapat penulis simpulkan bahwa upaya peningkatan aktivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran maupun peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran matematika dapat dilakukan dengan menerapkan metode permainan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode pembelajaran mampu meningkatkan aktivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan juga meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ahmadi, H.Abu. Pengantar Metodik Didaktik. Bandung : ARMICO.1989.

Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54-64.

Atmajaya. http://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=135032. Diakses tanggal 22 April 2012

Dimyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.

Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Megajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Efendi, E., Nurdin, K., & Baderiah, B. (2020). Humanist Education: Its Implementation on Scavengers Children’s at TPA Mancani Palopo City. International Journal of Asian Education, 1(3), 155-168.

Fatmawati, F., Hasbi, H., & Nurdin, K. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383.

Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Nurdin, K., Muh, H. S., & Muhammad, M. H. (2019). The implementation of inquiry-discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(1).

Rifuddin, B., Ilham, D., & Nurdin, K. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education (IJAE) by READ Institute, 1(2), 81-94.

Sriyono, dkk. Teknik Belajar Mengajar Dalam Cbsa. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 1992

Subagyo, Joko. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.1999

Tirtaraharja, Umar , dkk. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2000

Downloads

Date published articles:

2022-08-31

Cite on this Journal:

Aswar, N. . (2022). Efektivitas Penerapan Metode Permainan terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Konsepsi, 11(2), 380–383. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/89