Pengembangan E-LKPD Pendidikan Agama Islam Integratif E-Book pada Materi Wudhu Kelas IV UPT SDN 144 Salulemo
Keywords:
Pengembangan E-LKPD, Pendidikan Agama Islam, Integratif E-BookAbstract
Penelitian ini berjudul Pengembangan E-LKPD Pendidikan Agama Islam Integratif E-Book pada Materi Wudhu Kelas IV UPT SDN 144 Salulemo. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Validitas pengembangan E-LKPD Pendidikan Agama Islam integratif E-Book pada materi wudhu kelas IV SDN 144 Salulemo. 2) Mengetahui uji Praktikalitas siswa terhadap E-LKPD Pendidikan Agama Islam integratif E-Book pada materi wudhu kelas IV UPT SDN 144 Salulemo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4D yang terdiri dari empat tahap. Adapun tahapan pada model 4D yaitu define, design, development, and dessiminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil Uji Validitas oleh ahli media memperoleh nilai 83% sementara hasil uji validitas oleh ahli materi memperoleh hasil 98%. 2) Uji Praktikalitas siswa terhadap E-LKPD yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh nilai 92%. Sehingga berdasarkan hasil uji validitas tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Pendidikan Agama Islam integratif E-Book pada materi wudhu kelas IV UPT SDN 144 Salulemo sangat layak digunakan.
References
Artini, N. W. B., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2023). Efektivitas Pengembangan E-LKPD dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1758
Aslam, M., Azis, A. A., & Adnan, A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. Jurnal Biotek, 9(2), Article 2.
Ayu, P. E. S., Primayana, K. H., Purandina, I. P. Y., & Wisudayanti, K. A. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Terintegrasi Kitab Wedangga Jyotisha. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.145
Baihaki, B., Danaryanti, A., & Kamaliyah, K. (2021). Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis HOTS Menggunakan Quizizz. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3352
Cahyati, F. A. (2023). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9). https://ejournal.unesa.ac.id
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987
Mukhlisotin, F. A., & Rahmandani, F. (2023). Peningkatan keterampilan kewarganegaraan peserta didik dengan penerapan model problem-based learning berbasis e-LKPD interaktif. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/jppg.v4i1.25459
Novriani, S., Hakim, L., & Lefudin, L. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7136
Oktaviani, F., Mulyawati, Y., & Susanto, L. H. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Wizer.Me pada Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10603
Purnamayanti, I. G. A., Suharta, I. G. P., & Astawa, I. W. P. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berorientasi PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2884
Rahmadayanti, D., Zaini, M., & Kaspul, K. (2022). Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif: Pembelajaran sistem peredaran darah menggunakan LKPD-Elektronik: Critical thinking skills and cognitive learning outcomes: Learning the circulatory system using Electronic-LKPD. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.20
Ramadhana, R., & Hadi, A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1778
Riyadi, S. (2021). Effect of E-Marketing and E-CRM on E-Loyalty: An Empirical Study on Indonesian Manufactures. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), Article 3.
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), Article 07. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Turnip, R. S. (2023). Peningkatan Literasi Digital di Kalangan Pelajar: Pengenalan dan Praktik Penggunaan Teknologi Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21733