Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Mind Mapping pada Materi Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa di Kelas XI SMA Negeri 2 Luwu
Keywords:
Pengembangan e-modul, mind mapping, toleransi sebagai alat pemersatu bangsaAbstract
Penelitian ini berjudul Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Mind Mapping Pada Materi Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa di Kelas XI SMA Negeri 2 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui tahapan pengembangan e-modul pembelajaran berbasis mind mapping pada materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa di kelas XI SMA Negeri 2 Luwu. 2) Menganalisis kelayakan e-modul pembelajaran berbasis mind mapping mapping pada materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa di kelas XI SMA Negeri 2 Luwu. 3) Menganalisis uji praktikalitas melalui respons peserta didik terhadap e-modul pembelajaran berbasis mind mapping pada materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa di kelas XI SMA Negeri 2 Luwu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil uji kelayakan dari para validator memperoleh nilai 85% oleh ahli media, 95% oleh ahli materi dan 75% oleh ahli bahasa. 2) Uji praktikalitas melalui respons peserta didik terhadap e-modul pembelajaran berbasis mind mapping yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh nilai 85,5%. Sehingga berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji praktikalitas tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran berbasis mind mapping mapping pada materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa di kelas XI SMA Negeri 2 Luwu sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Anggina, Tanzila, & Salim, 2020. (2020). 3 1,2,3. 3(1), 295–301.
Azizah, F. R. (2020). Mind Map dalam Pembelajaran Ketrampilan Membaca Pemahaman Teks Bahasa Arab. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/la.v9i2.34436
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hasriadi, Sudirman, & Arifuddin. (2021). Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Konsepsi, 10(3), 294–303.
Herawati, Sunarya, N., & Muhtadi, A. (2020). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi Ipa Sma. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Karmal NW Kembang Kerang, 4(1), 57–69.
Maharani, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berbasis Mind Mapping Menggunakan Media Audiovisual Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas VIII di MTsN 4 Aceh Besar [Skripsi, UIN Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18101/
Marhennisma, R. D. A. P. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Mind Mapping dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bendo Tahun Ajaran 2021/2022 [Diploma, IAIN Ponorogo]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/20495/
Marwiyah, S., Ihsan, M., & Yamin, M. (2023). Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Lingkungan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Pengkendekan Luwu Utara Pendahuluan. …, 4(2), 531–539.
Muhammad, D., & Muassomah, M. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tarkib Berbasis Mind Mapping di Masa Pandemi Covid-19. An Nabighoh, 23(1), Article 1. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i1.3004
Rubiantica, R. (2021). Pesat Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Pendidikan , 7(3), 98–104.
Sunita. (2020). Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh. Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan, May, 1–4.
Yamin, M., Fadli, M., Sahlan, F., & Fakhrunnisaa, N. (2023). Navigating the Digital Age: The Need for Android-Based Learning Media in Technology and Educational Media Courses. 1(1), 29–33.