Pengaruh Antara Efikasi Diri dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Efikasi Diri, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Skripsi ini bertujuan untuk l. untuk mengetahui bagaimana efikasi diri siswa kelas V di SDN 41 Batu Putih, 2. untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa Kelas V di SDN 1 Batu Putih, 3. untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh antara efikasi diri dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN 41 Batu Putih. Jenis penelitian ini merupakan ex post facto, populasi ialah keseluruhan siswa kelas V yang ada di SDN 41 Batu Putih Kota Palopo yaitu 30 siswa. penarikan sampel menggunakan metode sensus atau teknik sampling jenuh. teknik pengambilan sampel ini menggunakan sampel yang diambil dari seluruh populasi. Hasil analisis dari penelitian ini adalah melalui analisis statistik deskriptif, ditemukan bahwa sebagian besar siswa (57%) menunjukkan efikasi diri yang baik, sementara sisanya (43%) berada dalam kategori cukup baik, Sebanyak 70% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dalam kategori tinggi, dan 30% dalam kategori sedang, namun hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan kemampuan berpikir kritis, dengan nilai thitung sebesar -1,496 yang lebih kecil dari ttabel 1,70113 (α = 0,05). Hal ini mengindikasikan bahwa faktor lain, seperti metode pengajaran dan lingkungan belajar, mungkin lebih berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
References
Ait, Kerti, Miia Rannikmae, Regina S., Priit R., & Jack H. Student’s SelfEfficacy and Values Based on A 21st Century Vision of Scientific Literacy: A Pilot Study. Procedia- Social and Behaviorla Sciences, 177: 491-495. 2015.
Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2015.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka. 2010.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Bandura. 2013.
Albert. Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Phycological Review, 2(84): 191-215. 1977.
Ayuningsih, Sri, ‘Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Mursyidiyyah’ (unpublished bachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022) <https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61373> accessed 17 July 2023
Henry Nardone, & James M. Wallace. Critical Thinking: A Student Introduction Fourth Edition. New York: McGraw-Hill. Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., 2010.
Hilmi, Hilmi, Moh Nasir, Ramlawati Ramlawati, and Cytra Dewi Peuru, ‘Pengaruh Jumlah Penduduk dan Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Tolitoli’, GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1.1 2022, 20–27
Nugraha, Jefri Putri, Bambang Irawan, Ryan Firdiansyah Suryawan, Darwin Damanik, Widhy Wahyani, Eneng Rahmi, and others, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Global Eksekutif Teknologi, 2023
Ripley, M., & Rumble, M., Defining Twenty-First Century Skills. Australia: University of Melbourne. 2012.
Roflin, Eddy, Iche Andriyani Liberty, and Pariyana, Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran Penerbit NEM, 2021
Rosyidah, Masayu and Rafiqa Fijra, Metode Penelitian. Deepublish, 2021
Salemba Humanika. Chang, Raymond. Kimia Dasar Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Chang. 2005.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017
Susilawaty, Andi, Sigid Sudaryanto, Darwel, Salsabila Syafni Aulia, Wijayantono, Rimawati Aulia, and others, Epidemiologi Lingkungan. Get Press, 2022
Yulin, Bei-Di Li, Hsueh-Chih Chen, & Fa-Chung Chiu. (2015). Investigating of Critical Thinking and Creative Thinking in The Course of Integrated Activity in Taiwan. Educational Pshychology, 3(35): 341-360.
Yuniawatika, Ibrahim Sani Ali Manggala, and Feby Dwi Rahmasari, Penyusunan Instrumen Tes dan Pembuatan Online Quiz Bagi Guru. Bayfa Cendekia Indonesia, 2021
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright
Copyright (c) 2024 Iin Octaviana, Nurdin Kaso, Nilam Permatasari Munir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.