Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MIS Nurul Hidayah Kabupaten Bombana
Keywords:
Pemecahan Masalah, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh strategi pemecahan masalah, gambaran strategi pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalahdan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MIS Nurul Hidayah Kabupaten Bombana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berumlah 19 orang . Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah berupa tes tertulis berbentuk soal pilihan berganda yang berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 67,37 (pretest) dan 79,47 (posttest), maka pengujian hipotesis diperoleh thitung 8.367 dan ttabel 0.687, pada taraf signifikan 5% yang berarti thitung 8.367 > ttabel 0.687, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran pemecahan masalahterhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MIS Nurul Hidayah Kabupaten Bombana Tahun Ajaran 2021/2022.
References
Amir, 2015.Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. http://eprints.umsida.ac.id/330/.Di akses pada 15 September 2021.
Amsal Bakhtiar, Filsafat Ilmu. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada
Badriah, Laelatul. Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar MatematikaKelas IV Tingkat SD. (Yogyakarta: PGMI STIA ALMA ATA, 2013) AI-Bidayah, Vol. 5 No. 1, Juni 2013
Cahaya Hesti, Ririn Wahyu Setyawati, 2017. Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pbl Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Mea. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/Article/View/21635. Online Pada Tanggal 1 Maret 2021
Deni Kuriawan, 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2006. Peraturan Mendiknas No 22 Tahun 2006 Standar Isi. siswa secara berkala dan Jakarta: Depdiknas.
Dr. Nana Sudjana, 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt. Remaja Rosakarya.
Fajri Ismail, 2014. Evaluasi Pendidkan. Palembang: Karya Sukses Mandiri
Hudoyo, Herman. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. https://eprints.umm.ac.id/44758/. Di akses pada 14 September 2021.
Ihsan.F, 2011.Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Indriani, D.B., 2010. Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika: apa dan bagaimana mengembangkannya. Vol. 5 https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_. Di akses pada 14 September 2021.
Kunandar, 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muldash, 2011. Pengembangan Modul Matematika Kontekstual Materi Bangun Datar Kelas V SD. Tesis. Surabaya: Pasca Sarjana Unesa tidak dipublikasikan.
Murdiana I Nyoman, 2015. Pembelajaran Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika. Vol: 4 No: 1
Nana Sudjana, 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algsindo.
Nasution Haryati Ahda. Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Polya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. (Medan: Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, 2018), Vol. 3 No 1 Juli 2018
Nawawi, Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Bina Aksara). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/17004.Di akses pada 29 September 2021.
Nurul Farida, 2015. Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Vol: 4 No: 2 Https://Www.Ojs.Fkip.Ummetro.Ac.Id/Index.Php/Matematika/Article/View/306. Online Pada Tanggal 22 Februari 2021
Polya, G. 1973. How To Solve It, A New Aspect of Mathematical Method. (New Jersey: Princenton University Press).
Purnamasari Irma, Setiawan Wahyu, 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Vol: 3 No: 2 https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771. Diakses pada tanggal 13 Juni 2021
Purwanto,2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
RahmahNur, 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Vol: 1 No:2 (http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/88) di akses pada 14 September 2021.
Slameto, 2010.Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanah, Modul Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ahmad Susanto, 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
Tina Sri Sumartini, 2016. Peningkatan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Vol: 5 No: 2 Https://Journal.Institutpendidikan.Ac.Id/Index.Php/Mosharafa/Article/View/Mv5n2_12. Online Pada Tanggal 21 Februari 2021
Ulya Himmatul, 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan IdealProblem Solving. Vol: 2 No: 1 Https://core.ac.uk/reader/304202260. Online Pada Tanggal 1 Maret 2021
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Nasional Pendidikan. Bandung: Citra Umbara, 2008
Widjajanti, D.B., 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa Dan Bagaimana Mengembangkannya. Vol. 5. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files
Downloads
Date published articles:
Cite on this Journal:
Issue
Section
License & Copyright

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.