Peningkatan Prestasi Non Akademik dengan Pengelolaan Sarana Prasarana

Authors

  • Ima Novita Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nurdin Kaso Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Keywords:

Upaya, Prestasi Non Akademik, Sarana Prasarana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan laboratorium dan ruang ekstrakurikuler di SMAN 5 Luwu Utara sebagai upaya sekolah dalam mendukung pengembangan keterampilan non-akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi langsung, wawancara dengan staf sekolah terkait, dan analisis dokumentasi terkait pengelolaan fasilitas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan laboratorium dan ruang ekstrakurikuler di sekolah ini didasari oleh komitmen yang kuat untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan minat dan bakat di luar kurikulum akademik. Fasilitas teknologi, seperti laboratorium komputer, juga memainkan peran penting dalam meningkatkan prestasi non-akademik siswa dengan memungkinkan mereka untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dengan era digital saat ini. Manajemen sarana dan prasarana menjadi fokus utama sekolah dalam memastikan kondisi lingkungan belajar dan kegiatan ekstrakurikuler siswa yang kondusif dan memenuhi kebutuhan mereka, serta upaya untuk meningkatkan kualitas fasilitas melalui penggalian sumber daya eksternal.

References

Aji, Rizqon Halal Syah. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, Vol. 7, No. 5, Tahun 2020. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15314,

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2012.

Lestari, A., Mahmud, H., & Munir, N. P. (2022). Pengaruh Soft Skills Dan Keterampilan Interpersonal Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 7(1), 107-120.

Basrowi dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Bukit, Benjamin. Dkk. Pengembangan Sumber Daya Manusia: Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Zahir Publishing, 2017.

Firmansyah, F., Raupu, S., Nurdin, K., & Herawati, H. (2023). Dampak Kemajuan Teknologi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(2), 299-314.

Foster, Bob dan Iwan Sidharta. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2019.

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: ArRuzz Media, 2014.

Hakim, Abdul. Dinamika Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi: Pendekatan Konvensional dan Nilai-Nilai Islami. Semarang: EF Press Digimedia, 2014.

Hennida, Citra. Dkk. Respons Negara dan Institusi Global terhadap Covid-19. Surabaya: Airlangga University Press, 2020.

Herliandry, Luh Devi. Dkk. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 22, No. 1 Tahun 2020. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/ view/15286,

Herujito, Yayat M. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Grasindo, 2001.

Isnaini, Rohmatun Lukluk. Implementasi Rekrutmen Guru di SD Ta’mirul Islam Surakarta: Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia di SD Islam.

Jurnal Pendidikan agama Islam, Vol. XII, No. 1 Tahun 2015. https://media.neliti.com/media/publications/116785-IDnone.pdf,

Larasati, Sri. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Mahmud. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Marnis, Priyono. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2008.

Mu’ah dan Masram. Manajemen Sumber Daya Manusia: Profesional. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2017.

Mukhibat. Manajemen Berbasis Madrasah: Praktik dan Riset Pendidikan. Ponorogo: Pustaka Felicha. 2013. 2

Mukminin, Amirul. Dkk. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2019.

Nurochim dan Siti Ngaisah. Organisasi Sekolah di Masa Pandemi. Jurnal of Administration and Educational Management. Vol. 3, No. 2 Tahun 2020.https://journal.ipm2kpe.or.id/index. php/ALIGNMENT/article/view/1345,

Permana, Nana Surya. Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Ilmiah Bidang Pendidikan, Vol. 11, No. 1 Tahun 2017.http://jurnal.uinbanten.ac.id/ index.php/studiadidaktika/article/view/513,

Priyono. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2010.

Rahmi, Sri. Perencanaan SDM Melalui Manajemen Strategik di Lembaga Pendidikan. Jurnal Intelektual: Kajian Pendidikan, Manajemen, Supervisi Kepemimpinan, Psikologi dan Konseling, Vol. 5, No. 1 Tahun 2017. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/ view/4360/2896,

Rosilowati, Umi. Praktek Manajemen Sumber Daya Manusia Selama Pandemi Covid-19 pada Karyawan yang Bergerak di Sektor Formal Indonesia. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). No. 2 Tahun 2020. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/ article/download/721/321/,

Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional. Riau: Indragiri Dot Com, 2019.

Sidiq, Umar. Manajemen Madrasah. Ponorogo: Nata Karya, 2018.

Sinta, Ike Malaya. Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, Vol. 4, No. 1 Tahun 2019. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/5645,

Sunarya, Yaya. Filsafat Pendidikan. Bandung: Arfino Raya, 2012.

Suryadi. Analisis Kebutuhan Guru untuk Mengantisipasi Dampak Pensiun Guru yang Direkrut Selama Pelaksanaan INPRES SD dan Wajib Belajar 6 Tahun. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. III, No. 2 Tahun 2005. https://www.neliti.com/publications/75146/ analisis-kebutuhan-guru-untuk-mengantisipasi-dampak-pensiun-guru-yang-direkrut-s,

Syafaruddin. Manajemen Organisasi Pendidikan: Perspektif Sains dan Islam. Medan: Perdana Publishing, 2015.

Wijaya, Candra dan Muhammad Rifa’i. Dasar-Dasar Manajemen: Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efisien. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Wulansari, Andhita Dessy. Penelitian Pendidikan: Suatu Pendekatan Praktik dengan Menggunakan SPSS. Ponorogo: STAIN PO Press, 2012.

Zuhri, Muhammad Minan. Pengembangan Sumber Daya Guru dan Karyawan dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal of Empirical Research in Islamic Education, Vol. II, No. 2 Tahun 2014. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/210).

Downloads

Date published articles:

2024-11-23

Cite on this Journal:

Novita, I., & Kaso, N. (2024). Peningkatan Prestasi Non Akademik dengan Pengelolaan Sarana Prasarana . Jurnal Konsepsi, 13(2), 160–168. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/379