Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamaatan Lamasi Timur

Authors

  • Nurul Anniza Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Edhy Rustan
  • Salmilah Salmilah

Keywords:

Pengembangan Bahan Ajar, Sumber Daya Alam, Berbasis Kearifan Lokal

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur, menghasilkan rancangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur, serta mengevaluasi kevalidan dan kepraktisan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur. Penelitian ini adalah jenis R&D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di SDN 100 Singgasari melalui observasi proses pembelajaran serta wawancara dengan guru kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV, sedangkan objek penelitian adalah bahan ajar yang dikembangkan. Validitas produk dievaluasi menggunakan instrumen angket dengan skala likert yang diisi oleh dosen ahli. Sedangkan, kepraktisan dievaluasi oleh guru kelas ketika menggunakan produk secara langsung. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa modul pembelajaran yang dinilai oleh 3 ahli yaitu ahli desain dengan nilai 83% (kategori valid), ahli materi dengan nilai 75% (kategori valid), dan ahli bahasa dengan nilai 83% (kategori valid) serta rata- rata persentase nilai dari ketiganya adalah 80% (kategori valid). Sementara itu, hasil uji praktikalitas menunjukkan nilai persentase 82% (kategori sangat praktis). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan, serta dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.

References

Ansori, A. H. (2015). Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam. QATHRUNÂ, 2(02), Article 02.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311–326.

Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), Article 9. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984

Mustapa, M., & Rahmah, U. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Sistem Rekaya Tv Berbasis E Modul Di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan, 6(2), Article 2.

Muzakki, H. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Ki Hajar Dewantara serta Relevansinya dalam Kurikulum 2013. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.64

Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21–25. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13

Setyowati, R., Parmin, P., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Modul Ipa Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/usej.v2i2.2031

Tarigan, Y. D. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Negosiasi Berbasis Student Center Learning (Scl) Terhadap Siswa KelAS X [Thesis, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara]. http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2054

Yandri, H., Sujadi, E., & Juliawati, D. (2021). Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas dengan Pendekatan Konsep STIFIn untuk Menghadapi Perilaku Kapitalisme di Era Revolusi Industri 4.0. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/egcdj.v4i2.13987

Downloads

Date published articles:

2024-02-28

Cite on this Journal:

Nurul Anniza, Rustan, E., & Salmilah, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamaatan Lamasi Timur . Jurnal Konsepsi, 12(4), 135–144. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/354