Pengembangan Modul Literasi Membaca Tema III Makanan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mila Mangea Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Edhy Rustan Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Nurul Khairani Abduh Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Modul, Literasi Membaca, Sekolah Dasar

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan modul literasi membaca di kelas V SDN 277 Sambirejo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, praktikalisasi, dengan media bahan ajar berupa modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan populasi seluruh Siswa SDN 277 Sambirejo. Pengambilan jumlah sampel 24 responden. Metode yang digunakan adalah mix-methods yang terdiri atas empat tipe yaitu embedded, explanatory, exploratory, dan triangulation. Hasil analisis dari penelitian ini adalah praktikalitas bahan ajar modul literasi membaca dengan materi iklan di kelas V SDN 277 Sambirejo memperoleh hasil yang sangat memuaskan dan positif dengan dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar 0,95% dengan kategori sangat praktis berdasarkan respon uji coba terbatas dengan 24 peserta didik dan seorang pendidik yakni guru kelas V dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan sebesar 93% dengan kategori sangat praktis.

References

A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

Al-Albani, Muhammad Nashiruddin, Shahih Sunan Abu Dawud Seleksi Hadis Shahih dari Kitab Sunan Abu Dawud: Terj. Ahmad Yuswaji, jilid I. Jakarta: Pustaka Azam, 2012.

Alfin, Jauharoti, et.al, Pembelajaran Bahasa Indonesia MI Cet. I, Surabaya: Aprint, 2019.

An Sumber Buku Untuk Dosen LPTK, Pembelajaran Literasi Kelas Awal SD/MI di LPTK, (Jakarta: Usaid Prioritas, 2014.

Azizah, Nur, “Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Bahasa Siswa Melalui Kegiatan Literasi di Kelas I SD Tara Salvia Tahun Ajaran 2018/2019, (Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tahun 2018 M/1440 H).

Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah: Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2016).

Chaedar, A., Bunga Rampai Pendidikan Bahasa Indonesia, Bandung: Angkasa, 2014.

Daryanto, Media Pembelajaran Edisi 2 Revisi. Yogyakarta: Gava Media, 2016.

Departemen Agama RI, Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Tahun 2015.

Departemen Pendidikan Nasional, Penulisan Modul, Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Dharma, Satria, Transformasi Surabaya Sebagai Kota Literasi, Surabaya: Unesa University Press, 2016.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Faradina, Nindya, Jurnal Hanata Widya volume 6 nomor 8 : Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2017

Fazila, Nurul, Peran Guru dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V MIN 7 Pidie Jaya, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Tahun 2020 M / 1441 H

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Cet VI, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018.

Kementerian Agama RI, Al-Qur‟an terjemah dan Tajwid, Bandung: Sygma Examedia Arkanleema, 2014.

Kharizmi, Muhammad, Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi, Jurnal Jupendas, Vol. 2, No. 2, 2015.diakses pada tanggal 12 Januari 2023.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Kustandi, S., Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

Leonhardt, Mary, Parents Who Love Reading, Kids Who Dont Kiat Menumbuhkan Kegemaran Membaca Pada Anak, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2017.

Ma’mur, Lizamudin, Membangun Budaya Literasi: Meretas Komunitas Global, Jakarta: Diadit Media, 2010.

Olivia, Femi, Tools For Study Skills Teknik Membaca Efektif, Menciptakan Kebiasaan Belajar yang Efektif dengan Membaca Kritis dan Formula 5S, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2018.

Pakistianingsih, Rini, Surabaya Sebagai Kota Literasi, Surabaya: Pelita Hati, 2015.

Prasetyo, Eko et.al., Boom Literasi Menjawab Tragedi Nol Buku: Gerakan Literasi Bangsa, Surabaya: Revka Petra Media, 2014.

Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Rahmi, Sri, Kepala Sekolah dan Guru Profesional, Banda Aceh: Naskah Aceh dan Pascasarjana UIN Ar-Raniry, 2018.

Ramayulis, Dasar-dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Kalam Mulia, 2015.

Salim, Peter, dan Yenni Salim, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ke-3, Jakarta: Modern English Press, 2012.

Stone, Randi, Cara-cara Terbaik untuk Mengajar Reading, Jakarta: PT Indeks, 2013.

Sugiono, Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D, Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. IX; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Suwarno, Wiji, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Tampubolon, Daulat Purnama, Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien, Bandung: Angkasa, 2017.

Tarigan, Henry Guntur, Membaca Sebagai Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2019.

Triatri, Sri, Bunga Rampai Psikologi Dari Anak Sampai Usia Lanjut BAB II Perkembangan Pemahaman Bacaan, Jakarta: Gunung Mulia, 2016.

Undang-Undang.20 Tentang Pendidikan Formal. 2003. Diakses pada tanggal 28 Janauri 2023.

Wiratsiwi, Wendri, Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar, Refleksi Edukasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10 (2), 2020..

Downloads

Date published articles:

2024-11-23

Cite on this Journal:

Mangea, M., Rustan, E. ., & Abduh, N. K. (2024). Pengembangan Modul Literasi Membaca Tema III Makanan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 13(2), 117–124. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/374