Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamaatan Lamasi Timur
Kata Kunci:
Pengembangan Bahan Ajar, Sumber Daya Alam, Berbasis Kearifan LokalAbstrak
Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur, menghasilkan rancangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur, serta mengevaluasi kevalidan dan kepraktisan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur. Penelitian ini adalah jenis R&D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di SDN 100 Singgasari melalui observasi proses pembelajaran serta wawancara dengan guru kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV, sedangkan objek penelitian adalah bahan ajar yang dikembangkan. Validitas produk dievaluasi menggunakan instrumen angket dengan skala likert yang diisi oleh dosen ahli. Sedangkan, kepraktisan dievaluasi oleh guru kelas ketika menggunakan produk secara langsung. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa modul pembelajaran yang dinilai oleh 3 ahli yaitu ahli desain dengan nilai 83% (kategori valid), ahli materi dengan nilai 75% (kategori valid), dan ahli bahasa dengan nilai 83% (kategori valid) serta rata- rata persentase nilai dari ketiganya adalah 80% (kategori valid). Sementara itu, hasil uji praktikalitas menunjukkan nilai persentase 82% (kategori sangat praktis). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan, serta dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.
Referensi
Ansori, A. H. (2015). Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam. QATHRUNÂ, 2(02), Article 02.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311–326.
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), Article 9. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Mustapa, M., & Rahmah, U. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Sistem Rekaya Tv Berbasis E Modul Di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan, 6(2), Article 2.
Muzakki, H. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Ki Hajar Dewantara serta Relevansinya dalam Kurikulum 2013. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.64
Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21–25. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13
Setyowati, R., Parmin, P., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Modul Ipa Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/usej.v2i2.2031
Tarigan, Y. D. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Negosiasi Berbasis Student Center Learning (Scl) Terhadap Siswa KelAS X [Thesis, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara]. http://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2054
Yandri, H., Sujadi, E., & Juliawati, D. (2021). Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas dengan Pendekatan Konsep STIFIn untuk Menghadapi Perilaku Kapitalisme di Era Revolusi Industri 4.0. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/egcdj.v4i2.13987
Unduhan
Date published articles:
Cite on this Journal:
Terbitan
Bagian
License & Copyright
Hak Cipta (c) 2024 Nurul Anniza, Edhy Rustan, Salmilah Salmilah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.