Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Baebunta Kabupaten Luwu Utara
Keywords:
: pembelajaran kooperatif, snowball throwing, prestasi belajarAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baebunta. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Hasil analisis penelitian yang dilakukan peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Baebunta pada materi Teks Iklan dengan menggunakan model snowball throwing, melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model snowball throwing memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 56,25%, 81,25%, dan 90,63%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai, hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, antusias siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pembelajaran, dan adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa yang lebih mampu mengajari materi pokoknnya yang kurang mampu.References
Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Kimia di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13–28. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056
Amin, A., Charli, L., & Fita, W. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Konvesional terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 2(1), 11–17. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.424
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini di SD Adiwiyata. ISLAMIKA, 2(1), 161–169. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.570
Aswar, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Teknik Ecola (Extending Concept Through Language Activities) Siswa Kelas XII SMK Kesehatan Plus Prima Mandiri Sejahtera Makassar [Masters, PPS]. http://eprints.unm.ac.id/9378/
Bhoke, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada- Flores. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 102–112.
Faozi, F., Sanusi, H., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Di SMA Islam Al-Fardiyatussa’adah Citepus Palabuhanratu. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 51–60. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2001
Fasmin, F. A. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Bagi Siswa Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Bola Kabupaten Sikkatahun Pelajaran 2017/2018. Global Edu, 3(2), 257–269.
Fauziah, Q. A. (2017). Penggunaan metode snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI sub materi zuhud & tawakal: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII B SMP Al-Hasan Bandung [Diploma, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. http://digilib.uinsgd.ac.id/17482/
Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551–558.
Baderiah, B., & Ilham, E. D. (2015). Reorientasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Akhlak Era Millenium Ketiga. Laskar Perubahan.
ER, T., Listiawati, M. K., Nurjaya, R. S., Setiawati, N. P. A., Ilham, D., Wulansari, R., Sunarsi, D., & Purwanto10, A. (2021). THE EFFECT OF ONLINE MARKETING AND E-SERVICE QUALITY ON PURCHASE DECISIONS: AN EMPRIRICAL STUDY ON ONLINE SHOP. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32, 3.
Ilham, D., Erlangga, H., Rojak, A., Nurjaya, Sunarsi, D., & Dewi, R. R. V. K. (2021). Innovative Work Behavior Model for Teachers with A Generation Diversity Approach. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 2345–2353.
Jaya, T., Suryani, L., & Ilham, D. (2020). Pengaruh Mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) Terhadap Implementasi Ritual Ibadah di Masjid Pada Masyarakat Islam di Luwu Raya. Madaniya, 1(4), 177–181.
Kaharuddin, Ilham, D., Kaso, N., Malewa, F., Iksan, M., & Hisbullah. (2021). Character Building on Higher Education: How to Anticipate Radical Ideology at Islamic University in South Sulawesi. Psychology and Education Journal, 58(2), 10651–10661.
Kaso, N., Subhan, S., Ilham, D., & Aswar, N. (2021). Penguatan Mitigasi Radikalisme Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Taman Kanak-Kanak di Kota Palopo. Madaniya, 2(2), 152–167.
Rifuddin, B., Ilham, D., & K, N. (2020). Academic Services in Islamic Education Management Study Program: The Actualization of the Basic Values of the State Civil Apparatus at IAIN Palopo. International Journal of Asian Education, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i2.34
Firman, F., Mirnawati, M., Sukirman, S., & Aswar, N. (n.d.). The Relationship Between Student Learning Types and Indonesian Language Learning Achievement in FTIK IAIN Palopo Students. Jurnal Konsepsi. Retrieved July 3, 2021, from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/24
Gusviar, G. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Peserta didik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) Pada Kelas X.3 SMA Negeri 5 Bukittingi. PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UPI-YPTK, 3(1), Article 1. http://lppm.upiyptk.ac.id/PTI/index.php/pti/article/view/49
Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293–314. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.55
Hajar, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Learning Partner dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 60–76.
Harahap, S. (2018). Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 200410 Simapil-Apil Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2016/2017. Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 9–13. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2018.v3i1.9-13
Hikmah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 021 Samarinda Utara. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 179–184.
Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 100–113. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231
Huda, M. (2019). Penerapan Metode Snowball Throwing untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik [Other, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. http://digilib.uinsgd.ac.id/29798/
Jamil, I. M. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 1(1), Article 1. http://jurnal.stkipan-nur.ac.id/index.php/jipa/article/view/18
Kurniati, B., & Hardjono, N. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 371–376. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i1.231
Lamba, H. A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/jip.v13i2.55
Magdalena, I., Ramadanti, F., & Rossatia, N. (2020). Upaya Pengembangan Bakat atau Kemampuan Siswa Sekolah Dasar melalui Ekstrakurikuler. BINTANG, 2(2), 230–243. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i2.985
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165–177. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373
Najib, D. A., & Elhefni, E. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 2(1), 19–28.
Ningsih, D. S. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa SMK Negeri 3 Meulaboh Tahun 2013/2014. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), Article 1. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/235
Nurhamsih, N., Firman, F., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2019). Peningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 37–50.
Nurhayati, U. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 2 Ngimbang Tahun Pelajaran 2019/2020. Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 76–86. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.321
Pratiwi, I. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 117513 Pulo Tarutung Tahun Ajaran 2016/2017 [Undergraduate, UNIMED]. https://doi.org/10/13.%20NIM%201133311096%20BAB%20V.pdf
Puspitasari, F., & Maryamah, M. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Teknik Bercerita Berpasangan dan Ceramah di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 2(2), 125–134.
Rambe, E. L., & Arham, A. (2018). Pelatihan Identifikasi Minat dan Bakat Peserta Didik pada Cabang Olahraga. Jurnal Online Pengabdian Kepada Masyarakat (JOPMas), 1(1), 1–5.
Rollicking, N. K. (2019). Implementasi Metode Kooperatif Model Group Investigation dalam Meningkatkan Belajar Matematika Siswa SDN 2 Soni Dampal Selatan. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(1), 210–220.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181–204.
Sari, A. L. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Teamwork Skill Terhadap Hasil Belajar Fisika [Masters, UNIMED]. https://doi.org/10/13.%20NIM%20%208136176003%20CHAPTER%205.pdf
Setijani, T. (2020). Implemnetasi Model Pembelajaran Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V-C SDN Dukuh Menanggal 1. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 56–63. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Sibarani, V. F., & Siburian, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Snowball Throwing pada Siswa Kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 45–49. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.74
Simamora, D. (2016). Pengaruh Multimedia Pembelajaran dan Kecerdasan Musikal Terhadap Hasil Belajar Piano Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Medan [Masters, UNIMED]. http://digilib.unimed.ac.id/21573/
Sinurat, O. (2018). Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigation Sebagai Alternatif Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar IPA di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula. Informasi Dan Teknologi Ilmiah (INTI), 5(2), 178–184.
Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46–61. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.462
Suriyanti, Y., & Dau, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Bermodifikasi Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Nusantara Indah Sintang, Kalimantan Barat. Surya Edunomics, 1(1), 43–48.