Optimalisasi Metode Pembelajaran dalam Membangkitkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Surah-surah Pendek pada Peserta Didik Kelas V MI No.12 DDI Sadar Luwu Utara

Authors

  • Lisa Sagita Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • A. Riawarda Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Alauddin Alauddin Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

Metode Pembelajaran, Motivasi Menghafal Al-Qur’an, Surah-surah Pendek

Abstract

Artikel ini merupakan riset mengenai Optimalisasi Metode Pembelajaran dalam Membangkitkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Surah-surah Pendek yang bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam membangkitkan motivasi menghafal Al-Qur’an surah-surah pendek; menganalisis tantangan dan peluang dalam membangkitkan motivasi menghafal Al-Qur’an surah-surah pendek; dan mengetahui motivasi menghafal Al-Qur’an surah-surah pendek. Riset yang dilakukan penelitian campuran (Mix Method) antar penelitian kualitatif dan kuantitatif. Riset dilaksanakan di MI No. 12 DDI Sadar Kabupaten Luwu dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil riset menunjukkan bahwa terdapat tiga metode yang paling efektif dilaksanakan dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an yaitu permainan/game, Qira’ah, dan mengulang ayat. Dalam pelaksanaannya, ditemukan berbagai peluang dan tantangan oleh guru yang harus diatasi atau dimanfaatkan. Berdasarkan analisis data diketahui jika dorongan internal peserta didik untuk menghafal Al-Qur’an masuk dalam kategori rendah (65,40%), namun dorongan eksternal yang diberikan oleh guru dan sekolah masuk dalam kategori tinggi (70,52%). Implikasinya, penting bagi guru dan sekolah untuk terus memanfaatkan dorongan eksternal yang kuat sambil mencari cara untuk meningkatkan motivasi internal peserta didik agar pembelajaran menghafal Al-Qur’an dapat lebih optimal.

References

Agus Salim Syukran, Agus Salim Syukran. 2019. “Fungsi Al-Qur’an Bagi Manusia.” Al-I’jaz : Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman 1 (2): 90–108. https://doi.org/10.53563/ai.v1i2.21.

Ahyat, Nur. 2017. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4 (1): 24–31.

Anggun, Vrismaya, and Primana Linda. 2021. “Kontribusi Enjoyment (Rasa Senang) Dan Pride (Rasa Bangga) Saat Belajar Di Kelas Terhadap Self-Esteem Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi 12 (1): 1–19.

Aulia Dini Hanipah, Titan Nurul Amalia, and Dede Indra Setiabudi. 2022. “Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif.” Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 2 (1): 41–51. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.148.

Dwirahayu, Gelar, and Nursida. 2017. “Mengembangkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Permainan Untuk Siswa Kelas 1 MI.” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 5 (2): 138.

Faradila, Anisa, Ika Priantari, and Farizatul Qamariyah. 2023. “Teaching at The Right Level Sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Di Era Paradigma Baru Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Non Formal 1 (1): 10. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i1.101.

Ghofur, M. Abdul, and Dina Ulya Islamiyah. 2016. “Efektifitas Media Tebak Gambar Dalam Menghafal Mufrodat Di Kelas VII N MTS Assunniyyah.” As-Sunnniyyah (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), no. 2016: 1–23.

Handrianto, Yopi, and Eka Wahyu Styani. 2020. “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Pemilihan Metode Pembelajaran.” JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal) 12 (1): 1932–42. https://doi.org/10.36706/jsi.v12i1.9537.

Hidayah, Nurul, and Fikki Hermansyah. 2016. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 3 (2).

Ilyas, M. 2020. “Metode Muraja’ah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an.” AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam 5 (01): 1–24. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140.

Indardi, Medy Dwi. 2023. “Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online Melalui Penghargaan Dan Hukuman.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 493–99.

Karimah, Ahmad Aunur Rohman;Sayyidatul. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI.” Garuda Kemendikbud 10: 95–108.

Listari, Mai, Imam Tabroni, and Euis Nurjanah. 2022. “Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di UPTD SDN 1 Campakasari.” EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 4 (2): 200–212. https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2944.

Mahsup, Mahsup, Ibrahim Ibrahim, Sintayana Muhardini, Nurjannah Nurjannah, and Eka Fitriani. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6 (3): 609. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673.

Mufidah, Nuril. 2018. “Metode Pembelajaran Al-Ashwat.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4 (2): 199–218. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03.

Nurfadhillah, Septy, Lisa Damayanti Tantular, Hanna Azhar Syafitri, Muhammad Iqbal Fauzan, Ahmad Syaiful Haq, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2021. “Analisis Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Mi Darussaman.” PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3 (2): 267–79. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa.

Oktapiani, Marliza. 2020. “Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 95–108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861.

“Qur’an Kemenag.” n.d. quran.kemenag.go.id.

Restu Kurnia, Ira, and Titin Sunaryati. 2023. “Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9 (3): 1357–63. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579.

Setyo Widodo, Ganjar, and Kharisma Sita Rofiqoh. 2020. “Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 7 (1): 13–22. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67.

Sjamsudin, Achmad. 2019. Al-Qur’an Itu Mudah. I. Yogyakarta: Leutika Prio.

Sulasmi, Emilda. 2020. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aspek Manajemen Minat Belajar Siswa.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT) 1 (1): 10–17. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3920.

Umasugi, Hamzah. 2020. “Guru Sebagai Motivator.” Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 6 (2): 29–38.

Wospakrik, Frengki, Sri Sundari, and Lisa Musharyanti. 2020. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Case Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa.” JHeS (Journal of Health Studies) 4 (1): 30–37. https://doi.org/10.31101/jhes.515.

Downloads

Date published articles:

2024-05-02

Cite on this Journal:

Sagita, L., Riawarda, A., & Alauddin, A. (2024). Optimalisasi Metode Pembelajaran dalam Membangkitkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Surah-surah Pendek pada Peserta Didik Kelas V MI No.12 DDI Sadar Luwu Utara. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(1), 181–198. Retrieved from http://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/339