Pengembangan Materi Tata Cara Salat Fardhu Berbasis Video Animasi Untuk Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
Pengembangan bahan ajar, Pendidikan Agama Islam, tata cara salat fardhu, video animasiAbstract
Penelitian ini berjudul Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Video Animasi Materi Tata Cara Salat Fardhu Kelas IV SD Negeri 4 Sereang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang, Penelitian ini bertujuan untuk1) Mengetahui Validitas pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis video animasi materi tata cara salat fardhu kelas IV SD Negeri 4 Sereang.2) Mengetahui uji Praktikalitas siswa terhadap bahan ajar berbasis video animasi materi tata cara salat fardhu kelas IV SD Negeri 4 Sereang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE yang terdiri lima tahap. Adapun tahapan pada model ADDIE yaitu Analiyze, design,development,implementation, and evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Hasil Uji Validitas oleh ahli media memperoleh nilai 79% sementara hasil uji validitas oleh ahli materi memperoleh hasil 95%.2) Uji Praktikalitas siswa terhadap bahan ajar berbasis video animasi yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh nilai 92%. Sehingga berdasarkan hasil uji validitas tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Pendidikan Agama Islam berbasis video animasi materi tata cara salat fardhu kelas IV SD Negeri 4 Sereang sangat layak digunakan.
References
Abidin, Y. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimodal Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1920
Fajri, T. A. A. (2020). Pentingnya Penggunaan Pendekatan Multimodal dalam Pembelajaran. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.5
Hartati, S., Fernadi, M. F., & Utama, E. P. (2022). Integrasi Teknologi Baru dalam Meningkatkan Pendidikan Islam di Indonesia. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 159–178. https://doi.org/10.46963/alliqo.v7i2.581
Indirwan, I., Nurhidayah, N., Khatimah, N., & Awulyah, N. (2023). Psikologi Pendidikan Membangun Jembatan Menuju Pembelajaran Optimal (N. Hikma, E. Erviana, & S. Sukarni, Eds.; 1st ed.). Pena Persada Kerta Utama. https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1260/
Manan, A. (2023). Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni dalam Era Digital. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), Article 1.
Mardiah, S., & Munisa, M. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Adab Makan dan Minum Melalui Animasi Kartun Islami di RA El Syarifah Medan. Journal on Education, 6(2), Article 2.
Muharram, M., Herman, H., Putri, R., & Ardianti, S. (2022). Peran Guru PAUD Membuat Lingkungan Belajar Multiliterasi yang Berorientasi Berpikir Desain Tata Ruang di RA Al-Nisa Labschool Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah IAIN Bone. JUrnal PAUD AGAPEDIA, 6(1), Article 1.
Musyafak, M., & Subhi, M. R. (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 5.0. Asian Journal of Islamic Studies and Da’wah, 1(2), 373–398. https://doi.org/10.58578/ajisd.v1i2.2109
Pawana, M. G., Suharsono, N., & Kirna, I. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek dengan Model ADDIE pada Materi Pemrograman Web Siswa Kelas X Semester Genap di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jtpi.v6i1.1293
Rahardi, R. K. (2022). Multimodalitas sebagai Perspektif Baru Pembelajaran Pragmatik Edukasional: Persepsi Urgensi Inklusinya (Multimodality as a New Perspective of Educational Pragmatic Learning: Perception of the Urgency of Inclusion). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10018
Salsabila, U. H., Ramadhan, P. L., Hidayatullah, N., & Anggraini, S. N. (2022). Manfaat Teknologi dalam Pendididkan Agama Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.52166/talim.v5i1.2775
Saputri, I. J., Irafahmi, D. T., & Sumadi, S. (2016). Media Presentasi Prezi pada Mata Pelajaran Akuntansi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Accounting and Business Education, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.26675/jabe.v2i4.6075
Setyaningsih, Y. (2023). Multimodalitas linguistis-visual dalam morfologi bahasa Indonesia: Persepsi pemaduan dalam pengembangan desain pembelajaran: Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i4.725
Setyawan, F. H., & Eppendi, J. (2023). Developing Basic English Learning Material Based on Project Based Learning. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82311
Tirta, N. N., Santyasa, I. W., & Warpala, I. W. S. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek untuk Pelajaran Kejuruan Jaringan Dasar di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jtpi.v5i1.1119
Ufi, D. T., Malelak, E. O., Taneo, J., & Pellondou, Y. A. (2021). Antologi: Multi Perspektif Keilmuan Di Masa Pandemi Covid-19 (Dalam Tinjauan Agama, Pendidikan, Psikologi Dan Konseling) (1st ed.). Deepublish.
Yana, D., & Abbas, A. (2022). Representasi Pedagogis dan Refleksi Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Video Animasi: Multimodal Analisis. Lectura : Jurnal Pendidikan, 13(2), 177–191. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10477