Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI di MI 01 Bonepute
Keywords:
Media Pembelajaran, Smart Crad, Akidah AkhlakAbstract
Skripsi ini membahas sebuah penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Smart Card pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah 01 Bonepute. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran smart card pada mata pelajaran akidah akhlak materi mengenal Allah Swt. melalui asmaul husna. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Dalam pengembangan media pembelajaran smart card ini peneliti menggunakan model ADDIE. Media pembelajaran smart card yang dibuat telah divalidasi oleh 2 ahli validator di antaranya: validator materi dan validator media. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk serta membantu pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga dapat memahami materi mengenal Allah Swt. melalui asmaul husna pada mata pembelajaran akidah akhlak. Dalam pembuatan media pembelajaran smart card peneliti menggunakan aplikasi Canva. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiah 01 Bonepute dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VI. Untuk tingkat kevalidan produk pegembangan dilakukan uji validitas oleh validator ahli materi dan ahli media. Sedangkan untuk mengetahui praktikalitas produk, peneliti menyebarkan angket praktikalitas kepada peserta didik. Hasil validasi media pembelajaran smart card mendapatkan penilaian dari ahli materi dengan nilai 92% masuk dalam kategori sangat valid, dan nilai dari ahli media yaitu 90% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon terhadap praktikalitas media pembelajaran smart card, berdasarkan angket respon pendidik, diperoleh hasil persentase 93,05% yang berada pada kategori sangat praktis. Sedangkan angket respon peserta didik menghasilkan persentase 93,31% yang termasuk dalam kategori sangat praktis sehingga layak untuk digunakan.
References
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fatmawati, M., & Andromeda, A. (2021). E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Koloid untuk SMA/MA. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.37732
Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian Analisis Pendekatan Teori Konstruktivisme Dalam Proses Belajar Mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.150
Hariono, T., Ashoumi, H., Mujahadah, A. S., & Adransyah, A. (2021). Pendampingan Pembelajaran dalam Pengkondisian Siswa melalui Ice Breaking. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v2i3.1727
Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231
Hisbullah, H., Nadirah, S., Aniati, A., & Rahman, A. (2022). Construction And Validity Of The Hypnoteaching-Based Learning Model: A Development Study In Elementary Schools. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), Article 03. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4796
Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban Negara dalam Penyediaan Fasilitas Pendidikan Kepada Masyarakat Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan Nasional. LEX PRIVATUM, 8(2), Article 2. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/lexprivatum/article/view/29792
Isti`adah, F. N. (2020). Teori-Teori Belajar dalam Pendidikan (1st ed.). Edu Publisher.
Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.972
Mulyadi, M. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran (Inquiry). Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.55102/alyasini.v7i2.4482
Nababan, D., & Banurea, L. (2023). Strategi PAK Terhadap Memotivasi Siswa dalam Bersosialisasi dan Aktif Belajar Melalui Pembelajaran PAK di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12859–12869.
Nasution, S., Miswar, M., & Karim, P. A. (2023). Implementasi Konseling Islami: Negoisasi Identitas Spiritual Dalam Tradisi Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), Article 01. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1831
Nurdin, H. (2020). Problems and Crisis of Islamic Education Today and in The Future. International Journal of Asian Education, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i1.17
Nurhidayati, E. (2017). Pedagogi Konstruktivisme dalam Praksis Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30653/001.201711.2
Olivia, N., Firman, & Desyandri. (2022). Pengaruh Metode Discovery Learning dengan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.609
Wahyuni, M. D., & Hardeli. (2019). Pengembangan Modul Berorientasi Chemistry Triangle pada Materi Sistem Koloid Untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Tingkat SMA/MA. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), 162–171.
Wartoyo, F. X. (2022). Menakar Korelatifitas Merdeka Belajar Dengan Sistem Pendidikan Nasional Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 dan Pancasila. Widya Pranata Hukum : Jurnal Kajian Dan Penelitian Hukum, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37631/widyapranata.v4i2.682
Wijaksono, S. A., & Prima, F. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva pada Mata Kuliah Praktek Kerja Kayu. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.81
Yolanda, T., & Iryani. (2020). Validitas Modul Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing dilengkapi Soal (HOTS) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI SMA/MA. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.38035/rrj.v3i1.333