Pengembangan Media Pembelajaran Diorama pada Materi Pembelajaran Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji

Authors

  • Hamriana Nur Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Muhazzab Said Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Fauziah Zainuddin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Rahima Rahima Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nurdin K Institut Agama Islam Negeri Palopo

Keywords:

media pembelajaran, diorama, tata cara pelaksanaan haji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media diorama pada materi pembelajaran tata cara pelaksanaan ibadah haji di kelas VII MTs As’adiyah Belawa Baru, untuk mengetahui validitas dan respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran diorama. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu, tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah As'adiyah Belawa Baru dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII. Setelah produk dibuat, peneliti menyebar angket validasi kepada tim validator untuk mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan. Validator dalam penelitian ini terdiri dari validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli bahasa. Hasil dari validasi ahli media diperoleh dengan kualifikasi valid, validasi ahli materi diperoleh dengan kualifikasi sangat valid dan validasi ahli bahasa diperoleh dengan kualifikasi sangat valid. Dalam  penelitian ini peneliti menggunakan 2 angket respon guru dan 31 angket respon peserta didik, berdasarkan angket respon guru diperoleh kualifikasi sangat praktis dan respon peserta didik diperoleh dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media diorama pada materi tata cara pelaksanaan ibadah haji di kelas VII Madrasah Tsanawiyah As'adiyah Belawa Baru sangat valid dan praktis  untuk digunakan.

References

Afifah, N. D., Widiyono, A., & Attalina, S. N. C. (2022). Pengembangan Media Diorama Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 528–533.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Hendrik, M. Y., Sunariotanggur, F., Nahak, R. L., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Citra, U., & Kupang, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Indonesia a. 2(2), 115–129.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 2(1), 471–475. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Krishnapatria, K. (2019). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Basic Analysis of Poetry Bermuatan Nilai-Nilai Moral di Universitas Singaperbangsa Karawang. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 7(1), 78–85.

Limin, S., & Mona, H. W. (2022). Strategi Pembelajaran dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot pada Mata Kuliah PAK Anak. MAGENANG : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 3(2), 4–5. https://doi.org/10.51667/mjtpk.v3i2.808

Mahmudah, M., Zarkasi, Z., Munip, A., & Purnama, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fikih berbasis Pop Up Book untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/potensia.v9i2.25104

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1), Article 1.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 63. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963.

Downloads

Date published articles:

2024-02-01

Cite on this Journal:

Nur, H., Said, M., Zainuddin, F., Rahima, R., & K, N. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama pada Materi Pembelajaran Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4), 297–308. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/305

Most read articles by the same author(s)